Inilah Tanaman Penurun Darah Tinggi Yang Perlu Kita Ketahui

Tanaman Penurun Darah Tinggi – Tekanan darah merupakan kekuatan aliran darah dari jantung melawan dinding pembuluh darah atau arteri. Setiap orang memiliki tekanan darah tidak sama, bahkan tekanan darah pada diri seseorang dapat berubah sewaktu-waktu. Perubahan tekanan darah tersebut dipengaruhi oleh aktivitas yang dilakukan oleh jantung, semisal saat jantung dalam keadaan istirahat atau saat jantung berolahraga maka tekanan darah akan berbeda.

Seseorang dikatakan memiliki tekanan darah normal ketika tekanan darahnya 120/80 milimeter merkuri (mmHG). Jika tekanan darah lebih tinggi dari 140/90 mmHG maka orang tersebut menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Inilah Tanaman Penurun Darah Tinggi Yang Perlu Kita Ketahui Tanaman Penurun Darah Tinggi Inilah Tanaman Penurun Darah Tinggi Yang Perlu Kita Ketahui Inilah Tanaman Penurun Darah Tinggi Yang Perlu Kita Ketahui

Hipertensi menjadi salah satu penyakit yang menakutkan bagi manusia. Penyakit yang mendpat julukan “pembunuh diam-diam” ini sangat berbahaya karena meski tidak menyebabkan gejala jangka panjang namun dapat mengakibatkan komplikasi dan mengancam nyawa.

Jika hipertensi tidak diketahui sejak dini maka dapat mengakibatkan penyakit komplikasi yang sangat serius seperti stroke, jantung coroner, gagal jantung, gagal ginjal dan lainnya. Untuk mengetahui apakah seseorang menderita tekanan darah tinggi atau tidak maka harus melakukan pemeriksaan teratur, karena seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa tekanan darah seseorang dapat berubah sewaktu-waktu.

Mengetahui penyakit tekanan darah tinggi sangat berbahaya, maka hipertensi harus segera diobati. Tidak melulu harus mengkonsumsi obat-obatan medis, para penderita hipertensi juga dapat memanfaatkan beragam tumbuhan yang ada di sekitar untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Cara tradisional ini mungkin cocok bagi penderita hipertensi yang tidak tubuhnya tidak kuat menerima obat-obatan medis. Nah kali ini kami akan berbagi informasi seputar beberapa tanaman penurun darah tinggi, tanaman berikut juga mudah ditemukan di sekitar kita, untuk selengkapnya simak ulasan di bawah ini.

Mentimun

Salah satu cara mudah untuk menjaga tekanan darah tetap stabil adalah dengan mengkonsumsi mentimun yang mempunyai kandungan utama air, serat, mineral, vitamin c dan caffeic acid. Mentimun dapat dikonsumsi secara langsung setelah di cuci bersih. Bisa juga diparut dan lalu diperas, dan airnya dikonsumsi langsung.

Mengkudu

Mengkudu memiliki kandungan utama scopoletin, fungsinya untuk memperlebar saluran pembuluh darah yang mulai menyempit. Jika saluran darah melebar, maka jantung tidak perlu bekerja terlalu keras memompa darah dan tekanan darah menjadi normal. Adapun cara pembuatannya adalah, rebus buah mengkudu, lalu minum air rebusan sebanyak 1 hingga 2 sendok makan sehari. Lebih baik konsumsi air rebusan buah mengkudu setengah jam sebelum makan atau 2 jam setelah makan, tujuannya agar penyerapan sempurna.

Bawang Putih

Bawang putih menjadi salah satu bumbu masakan yang wajib ada di dapur, karena tanpa bawang putih masakan akan terasa hambar. Tidak hanya berfungsi sebagai bumbu masa saja, ternyata bawang putih memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah tinggi karena memiliki kandungan senyawa alisin.

Senyawa alisin mampu melebarkan dan mencegah pembekuan darah sebagai penyebab terjadinya hipertensi. Tidak hanya itu, bawang putih menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Cara pemakaian bawang putih untuk menurunkan darah tinggi adalah ambil tiga suing bawang putih, kupas, cuci bersih dan tumbuh halus, tambahkan sedikit air lalu peras. Minum air bawang putih tiga kali sehari secara rutin.

Seledri

Tanaman penurun darah tinggi selanjutnya adalah seledri. Ada penelitian yang membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi jus seledri selama sepekan secara rutin mampu menurunkan tekanan darah tinggi, terlebih seledri memiliki kandungan kalium yang tinggi, antioksidan dan mineral. Cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan seledri yakni ambil segenggam seledri yang sudah di cuci bersih lalu blender seledri dengan segelas air dan saring. Setelah itu minum jus seledri  satu kali sehari setelah sarapan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: