Jenis dan Manfaat Pupuk KCL Yang perlu Kita Ketahui

Manfaat Pupuk KCL – Pupuk KCL merupakan salah satu jenis pupuk anorganik yang memiliki kandungan hara kalium yang dibutuhkan sebuah tanaman. Secara kimiawi pupuk ini dikenal dengan nama Kalium Klorida, dimana pupuk yang memiliki warna merah maupun putih ini memiliki sifat yang larut dalam air.

Pupuk ini dikenal oleh para petani karena memiliki fungsi untuk memperkuat tanaman agar bisa tumbuh tegak nantiya. Di Indonesia sendiri, Pupuk KCL ini memiliki 2 jenis, yakni:

  • Pupuk KCL 80 dengan kandungan Kalium (K2O) antara 52 sampai 60% dan memiliki warna merah biasanya.
  • Pupuk KCL 90 dengan kandungan kalium (K2O) sekitar 90% dan memiliki warna putih, namun untuk jenis pupuk yang satu ini sudah sangat jarang ditemui.

Jenis dan Manfaat Pupuk KCL Yang perlu Kita Ketahui Pupuk KCL Jenis dan Manfaat Pupuk KCL Yang perlu Kita Ketahui Jenis dan Manfaat Pupuk KCL Yang perlu Kita Ketahui

Dengan pertumbuhan populasi global yang meningkat pesat, maka kalium ini memiliki peranan yang sangat penting untuk menjamin kualitas maupun hasil panen dari tanaman kita nanti. Untuk itu dengan kandungan K2O didalamnya, maka pupuk KCL ini memiliki beragam manfaat yang sama dengan pupuk ZK jika diterapkan pada tanaman, diantaranya:

Meningkatkan Hasil Panen

Dari berbagai hasil penelitian telahmenunjukan, jika kandungan klorida dalam pupuk ini bisa membantu meningkatkan hasil panen lho, caranya yakni dengan meningkatkan resistensi penyakit pada sebuah tanaman. Kandungan kalium yang ada didalamnya sangat penting dalam beberapa aspek, khususnya untuk anda yang memiliki perkebunan kelapa sawit.

Peningkatan Kualitas Hasil Panen

Salah satu unsur hara yang terdapat dalam Pupuk KCL ini akan meningkatkan kualitas buah dari tanaman makin baik, seperti contohnya membuat buah menjadi semakin besar, lebih manis, dan berbobot. Hal ini dikarenakan kandungan kalium ini bisa membantu proses transfortasi glukosa dalam tanah, dengan begini maka bisa mengoptimalkan manfaat buah maupun sayuran yang telah ditanam.

Batang Tanaman Semakin kuat

Tanaman yang baik ialah yang memiliki batang yang kuat dan kokoh, sehingga bisa menopang buah-buahnya saat mulai musim berbuah. Selain itu, hal ini juga menjadikan masa hidup tanaman lebih lama lagi, dan juga tidak mudah ambruk atau rapuh. Kandungan kalium dalam pupuk ini bisa menjadikan batang tanaman menjadi kua dan kokoh nanti.

Tanaman tahan terhadap penyakit

Manfaat kalium dalam pupuk ini lainnya ialah mampu mencukupi kebutuhan tanaman sehingga bakal tahan dari gangguan hama maupun serangan penyakit lainnya. Maka dengan  begini bakal berpotensi meningkatkan hasil panen juga nanti.

Meningkatkan ketahanan pada perusakaan pada saat pengangkutan atau penyimpanan

Penggunaan kalium dalam pupuk KCL ini sangat berguna pada saat tanaman sedang mulai fase berbunga. Hal tersebut bakal membantu peningkatan aktivitas pembentukan jasil biji maupun buah pada tanaman nanti, dengan begini bakal menghasilkan biji maupun buah yang sempurna.

Tanaman jadi tahan terhadap stress

Unsur hara dan juga kalium dalam pupuk ini mampu mengatur kinerja dari stomata daun, yakni untuk membantu proses fotosintesis maupun transpirasi (penguapan air dari permukaan tanah), dan juga bisa melakukan pencegahan terhadap hilangnya air dari tanaman nanti. dengan begini akan menjadikan tanaman lebih tahan terhadap stres maupun kekeringan yang bisa membuatnya mati sebelum berbuah.

Transformasi asimilat dan kerja enzim

Kandungan kalium dalam Pupuk KCL bisa membantu proses translokasi hasil fotosintesis dari tanaman (asimilat) dan juga bisa memaksimalkan sistem kerja dari enzim di seluruh bagian tanaman. Sehingga manfaat dari fotosintesis yang lebih optimal bakal menjadikan tanaman bisa tumbuh dengan seperti semestinya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: