Jenis Jenis Bunga Cempaka Yang Perlu Kita Ketahui

Jenis Jenis Bunga Cempaka Bunga Cempaka adalah tanaman yang mudah kita jumpai di daerah tropis maupun sub tropis. Bunga dengan aroma khas ini tersebar di Negara Asia Tenggara, Asia Selatan dan Tiongkok Selatan.

Sedangkan di Indonesia, bunga Cempaka banyak tumbuh di daerah Jawa, Sumatera, Maluku dan Sulawesi. Bunga cempaka yang tumbuh di Indonesia sangat beragam jenisnya, dimana setiap jenis memiliki bentuk dan warna yang berbeda. Berikut adalah beragam jenis bunga Cempaka yang tumbuh di Indonesia.

Jenis Jenis Bunga Cempaka Yang Perlu Kita Ketahui Bunga Cempaka Jenis Jenis Bunga Cempaka Yang Perlu Kita Ketahui Jenis Jenis Bunga Cempaka Yang Perlu Kita Ketahui

Cempaka Putih

Di Indonesia, bunga Cempaka Putih juga kerap disebut dengan sebutan bunga kantil. Cempaka jenis ini sangat populer karena adanya mitos bahwa aroma Bunga Kantil di sukai oleh makhluk halus. Mitos tersebut semakin berkembang sehingga sebagian orang percaya bahwa pohon Bunga Cempaka Putih digunakan sebagai tempat tinggal makhluk halus seperti jin.

Bunga Cempaka Putih yang memiliki nama latin Michelia Alba adalah tanaman yang menjadi ciri khas Provinsi Jawa Tengah. Bunga ini kerap dipakai untuk upacara adat semisal untuk menghias senjata pusaka ataupun untuk penghias keranda jenazah. Ciri-ciri Bunga Cempaka Putih adalah berwarna hijau saat masih kuncup dan akan berubah menjadi putih bersih ketika mekar. Daun Cempaka Putih berbentuk telor dan berwarna hijau cerah, pohonnya dapat tumbuh hingga 30 meter.

Cempaka Kuning

Bunga Cempaka Kuning dapat dengan mudah kita jumpai di Provinsi Aceh, disana bunga ini disebut dengan nama Bungong Jeumpa Gadeng. Sesuai dengan warnanya, bunga Cempaka Kuning memiliki warna kuning keruh dan aromanya sangat harum, maka tak heran banyak orang menjuluki Cempaka Kuning sebagai “bunga cempaka wangi”. Cempaka Kuning memiliki daun berbentuk bulat telur berwarna hijau cerah dengan bagian ujungnya meruncing. Bunga Cempaka Kuning dapat dikembangbiakkan dengan dua cara yakni mencangkok dan menanam biji.

Selain dapat menikmati keindahan dan aroma harumnya, ternyata Cempaka Kuning juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Daun Cempaka Kuning disebut bermanfaat untuk mengatasi penyakit batu ginjal, bau mulut dan mulas. Bunganya yang sangat harus dapat digunakan untuk aroma perawatan rambut dan kulit kayu bunga Cempaka Kuning bermanfaat untuk memperlancar haid dan mengatasi demam.

Cempaka Merah

Bunga Cempaka Merah memiliki ukuran imut yakni sekitar 5 hingga 7 cm, kelopaknya bersusun rapi, aroma harus yang begitu tajam dan memiliki warna merah muda. Cempaka Merah hanya mekar dalam waktu singkat takni sekitar 2 jam saja, setelah itu bunga ini akan layu dan bentuknya seperti bunga cempaka biasa. Bunga Cempaka Merah termasuk tanaman yang langka, tak heran jika harganya selangit dan menjadi banyak diincar para kolektor tanaman hias. Untuk sekuntum Bunga Cempaka Merah harganya bisa mencapai Rp 1 hingga 3 juta, nilai yang sangat fantastis bukan. Itu baru kuntumya, sebatang phon Cempaka Merah memiliki nilai jual sekitar Rp 10-15 juta, harga tersebut tergantung dari kualitas tanamannya.

Cempaka Ungu

Cempaka Ungu yang memiliki nama latin Magnolia Liliaflora mampu memikat orang karena kelopak bunganya yang indah berwarna ungu dan juga aromanya sagat harum. Bunga Cempaka Ungu memiliki jumlah daun yang tidak terlalu banyak, tapi jumlah bunga pada setiap rantingnya cukup banyak. Biasanya cempaka jenis ini akan berbunga pada awal musim hujan. Bunga Cempaka Ungu dapat tumbuh secara optimal saat ditanam di daerah dataran tinggi yang memiliki suhu sekitar 20-26 derajat Celcius.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: