Jenis-Jenis Tanaman Hias Beracun Yang Perlu Kita Waspadai

Tanaman Hias Beracun  – Memiliki tanaman hias memang menjadi salah satu objek yang sangat cocok untuk mempercantik tampilan ruangan atau rumah kita, dan bahkan dalam satu ruangan biasanya ada lebih dari satu tanaman hias disana.

Namun siapa sangka, dibalik cantiknya tampilan dari bunga tersebut, rupanya ada juga lho tanaman hias beracun yang perlu kalian ketahui. Tidak ada larangan untuk memelihara tanaman hias ini, namun jangan sampai mencoba memakan bagian bunga tersebut karena sangat berbahaya. Apa saja kira-kira? Cari tahu jawabanya dibawah ini.

Jenis-Jenis Tanaman Hias Beracun Yang Perlu Kita Waspadai Tanaman Hias Beracun Jenis-Jenis Tanaman Hias Beracun Yang Perlu Kita Waspadai Jenis Jenis Tanaman Hias Beracun Yang Perlu Kita Waspadai

Foxglove (Digitalis Purpurea)

Tanaman hias beracun yang pertama adalah Foxglove. Jangan biarkan warna cantik dari tanaman ini menipumu, karena pada daun ini mengandung glikosida yang bisa menyebabkan keracunan. Reaksi keracunan dari tanaman ini awal mulanya dari mual, muntah, diare, sakit perut, sakit kepala, hingga delirium. Dan korban keracunan dari tanaman ini bisa menyebabkan denyut nadi lemah, kejang-kejang, hingga gangguan irama jantung.

Rhubarb

Tanaman ini memiliki bentuk semacam pohon talas. Akan tetapi siapa yang menyadari jika memiliki daun beracun, dan yang uniknya batang dari tanaman ini malah bisa dijadikan bahan makanan seperti kued dan juga pie. Banyak orang yang suka memakannya secara langsung, namun jangan bagian daunya berlebihan karena bisa mematikan ginjal nanti.

Wisteria

Tanaman Hias beracun adalah Wisteria, tanaman ini merupakan bunga hias yang begitu populer di negara Jepang serta China. Namun siapa yang menyangka, dibalik kecantikan tanaman ini mampu memproduksi biji yang cukup beracun? Semua bagian dari Wisteria ini memiliki kandungan Saponin, zat ini sangat beracun dan jika tertelan bisa menyebabkan kebingungan, muali, pusing, muntah, hingga paling parah adalah pingsan.

Bunga Lili

Tanaman cantik yang satu ini memang sangat mudah ditemukan di Indonesia, dan bahkan ada beberapa penggemar bunga hias tak pernah melewatkan tanaman yang satu ini. Namun dibalik keindahanya tersebut, Bunga Lili sangat berbahaya jika dekat dengan hewan peliharaanmu. Pasalnya jika kebetulan menjlilat dan bahkan memakan daunnya, maka bisa menyebabkannya gagal ginjal hingga kematian.

Hydrangea

Tanaman hias yang cukup populer di Indonesia ini rupanya tak hanya memiliki penampilan yang sangat cantik, namun juga memiliki senyawa bernama glikosida sainogen yang bisa melepaskan senyawa sainida jika tertelan nantinya. Namun yang menarik, akar dari tanaman ini bisa digunakan sebagai antioksidan dan bisa mengobati berbagai penyakit yang ada kaitannya dengan ginjal.

Oleander

Tanaman hias beracun selanjutnya bernama Oleander. Namun  tanaman ini lebih dikenal dengan sebutan Bunga Jepun. Tanaman yang memiliki bunga berwarna pink cerah ini rupanya memiliki kandungan racun diseluruh bagian tubuhnya. Racun dari bunga cantik ini bisa  menyebabkan muntah, diare, dan bahkan sistem saraf pusat hingga serangan jantung.

Rhododendron dan Azalea.

Pada saat mekar, bunga ini memiliki tampilan yang begitu cantik namun kalian perlu hati-hati kerena seluruh bagian rupanya sangat beracun. Jika tidak sengaja menelan bunga, batang, maupun daun daun dari tanaman hias beracun ini bisa menyebabkan korbanya sakit perut, sulit bernafas, kelumpuhan, koma, dan paling fatal adalah kematian.

Ranunculus

Dan tanaman hias beracun yang terakhir dalam daftar kita kali ini adalah Ranunculus. Jika dilihat sekilas, tampilan dari tanaman ini mirip sekali dengan bunga mawar, namun ternyata mereka bukan masuk dalam keluarga mawar. Karena memiliki varian warna yang banyak sekali, maka tanaman ini kerap dijadikan hiasan. Jangan sampai memakan atau menelan bunga ini, karena bisa menyebabkan diare yang disertai darah, sakit perut, dan bisa merusak selaput lendir.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: