Jenis Jenis Tanaman Hidroponik Yang Perlu Kita Kenali

Jenis Tanaman Hidroponik  – Tanaman Hidroponik belakangan ini memang sangat populer di Indonesia. Hal ini dikarenakan proses penerapan hidroponik juga cukup mudah. Lantas apa sih yang dimaksud Hidroponik itu?

Hidroponik adalah salah satu cara budidaya tanaman tanpa menggunakan media tanah. Bukan tanpa alasan hal tersebut bertujuan agar kebutuhan mineral dan nutrisi pada tanaman tercukupi sehingga tanaman bisa tumbuh dengan baik.

Jenis Jenis Tanaman Hidroponik Yang Perlu Kita Kenali Tanaman Hidroponik Jenis Jenis Tanaman Hidroponik Yang Perlu Kita Kenali Jenis Jenis Tanaman Hidroponik Yang Perlu Kita Kenali

Ada banyak jenis sayuran maupun buah-buahan yang bisa ditanam menggunakan metode hidroponik ini. Perlu anda ketahui jika penanaman dengan metode Hidroponik ini tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Meskipun proses perawatannya tergolong mudah akan tetapi  juga harus teliti dan tepat. Berikut adalah tanaman hidroponik yang belakangan ini sedang menjamur.

Selada Hijau

Selada menjadi salah satu tanaman hidroponik yang mulai memiliki banyak penggemar. Bahkan untuk saat ini permintaan pasar terhadap sayuran satu ini juga cukup besar. Al hasi banyak orang yang tertarik untuk membuka peluang bisnis.

Disamping itu tanaman selada tumbuh dengan subur di dataran tinggi. Uniknya dengan sayuran hijau pada umumnya Selada dikonsumsi dalam keadaan mentah. Sering kali kita menemui sayuran hijau ini di humburger, gado-gado, salad sayur dan masih banyak lainnya.

Pakcoy

Selain Selada Hijau satu tanaman yang juga tengah naik daun saat ini adalah Pakcoy. Sayuran ini mirip seperti sawi akan tetapi ukurannya lebih kecil. Pakcoy juga sering disebut sawi sendok gegara bentuknya yang mirip seperti sendok.

Biasanya daun Pokcoy dikonsumsi untuk dijadikan bahan sayur sop, tumir atau hanya digunakan sebagai garnis(hiasan) pada makanan.

Brokoli

Tanaman hidroponik selanjutnya adalah Brokoli. Pastinya kalian semua sudah tidak asing lagi dengan sayuran satu ini. Sayuran ini tumbuh dengan subur di daerah yang mempunyai ketinggian sekitar 900 mdpl. Namun seiring dengan berjalannya waktu sayuran ini sudah bisa tumbuh di dataran rendah.

Strawbery

Stawbery termasuk salah satu tumbuhan berry yang sudah sangat mendunia. Tanaman hidroponik ini mempunyai ciri khas warna merah dengan bintik-bintik seperti jerawat. Strawbery memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak. Menanam Strawbery dengan menggunakan metode hidroponik rupanya bisa membuat hasil panen menjadi lebih baik.

Buncis

Selama ini buncis terkenal sebagai salah satu tanaman yang memiliki banyak kandungan nutrisi. Jika selama ini kita hanya membeli buncis di tukang sayur ada baiknya jika kita menanam sendiri. Perawatan buncis juga tidak terlalu sulit. Karena anda bisa menanam buncis dengan cara hidroponik. Selain mudah hasil sayurnya sendiri pun juga sangat bagus.

Bayam

Bayam merupakan sayuran yang memiliki banyak zat besi. Sayuran ini sangat cocok untuk anda yang menderita anemia. Sebagai salah satu sayuran yang laris di pasaran hampir setiap harinya produksi  bayam terus bertambah. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas bayam adalah dengan metode hodroponik.

Cabai

Tanaman hidroponik berikutnya adalah cabai. Dalam setiap masakan rupanya cabai merupakan salah satu bahan baku yang tidak boleh terlewatkan. Menanam cabai memang cukup sulit namun jika dilakukan dengan runtut dan teliti maka akan menghasilkan buah yang bagus.

Terong

Terong sangat cocok jika dijadikan balado. Siapapun yang disuguhkan dengan masakan satu ini pastinya langsung tergoda untuk segera menyantap. Pada dasarnya penanaman terong membutuhkan lahan yang cukup luas akan tetapi dengan menerapkan metode hidroponik maka anda tidak memerlukan lahan luas lagi.

Dengan begitu, anda bisa menanam terong di lahan yang tidak terlalu luas akan tetapi hasilnya tetap melimpah.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: