Jenis Jenis Tanaman Hortikultura Yang Ada di Indonesia

Tanaman Hortikultura – Istilah Hortikultura tentu bukan sesuatu yang asing di telinga kita ya, namun apakah anda tahu maksud dari Tanaman Hortikultura ini? mungkin banyak yang sudah tahu mengenai istilah ini, namun tak sedikit pula yang masih awam dengan arti dari sebutan tersebut.

Hortikultura ini bisa diartikan sebagai tanaman yang bisa dibudidayakan di sekitar rumah atau kebun. Dan untuk prosesnya sendiri meliputi pembibitan, kultur jaringan, panen, pengemasan, dan tahan distribusi. Untuk tanaman Tanaman Hortikultura ini sendiri dibagikan jadi 4 jenis, yakni Frutikultur, Florikultura, Olerikultura, Biofarmaka. Wah apa saja ya 4 jenis ini? daripada penasaran yuk cari tahu  jawabannya dibawah ini.

Jenis Jenis Tanaman Hortikultura Yang Ada di Indonesia Tanaman Hortikultura Jenis Jenis Tanaman Hortikultura Yang Ada di Indonesia Jenis Tanaman Hortikultura

Tanaman Sayur (Olerikultura)

Jenis Tanaman Hortikultura yang pertama adalah adalah jensi Sayur (Olerikultura). Untuk tanaman jenis ini memang cukup mudah untuk dijumpai disekitar kita, hal ini dikarenakan tanaman ini memang menjadi salah satu bahan yang dikonsumsi manusia.

Untuk sayuran ini sendiri dibagi menjadi 2 jenis, yakni sayur ditanam secara musiman dan tahunan. Untuk sayur tahunan ini merupakan jenis tanaman sepanjang tahun dan tidak terikat dengan musim, seperti petai, jengkol, melinjo, dan jenis lain. Sementara untuk sayur musiman ini hanya bisa ditanam pada musim tertentu, seperti wortel, bawang merah, cabe merah, tpomat, dan jenis sayur lain.

Tanaman Buah (Frutikultura)

Buah menjadi salah satu Tanaman Hortikultura yang memiliki nama lain Frutikultura. Jenis tanaman ini mampu menghasilkan buah, dan biasanya untuk menanam dan memanennya membutuhkan syarat tertentu. Untuk tanaman buah ini membutuhkan masa berbuah, ada yang secara musiman ada juga berbuah pada tahunan.

Untuk jenis buah musiman ini memiliki jenis yang sangat banyak sekali, diantaranya semangka, rambutan, jeruk, stroberi, melon, dan buah lainnya. Sementara untuk buah tahunan diantaranya salak, nanas, mangga, belimbing, nangka, sawo, dan masih  banyak lagi.

Tanaman Bunga (Florikultura)

Untuk Tanaman Bunga ini juga cukup mudah ditemukan di Indonesia, pasalnya sebagai negara dengan iklim Tropis membuat banyak sekali tumbuhan yang bisa ditanam di negara kita. Nah untuk tanaman bunga ini sendiri kerap kali digunakan sebagai tanaman hias, karena memiliki warna yang begitu cantik untuk memperindah ruangan.

Untuk jenis tanaman hias bunga ini juga beraneka ragam dan rupa, ada yang membutuhkan pot untuk hidupnya seperti melati, mawar, bunga kenanga, dan berbagai jenis bunga lainnya. Lalu ada juga jenis tanaman bunga yang tumbuhya menempel pada sebuah pohon, seperti bunga Anggrek. Semua jenis tanaman itu memiliki fungis utama yang sama diantara lainnya, yakni untuk menambah nilai estetika pada sebuah tempat maupun taman.

Tanaman Obat (Biofarmaka)

Dan jenis Tanaman Hortikultura yang terakhir kali ini adalah tanaman obat atau biasa disebut sebagai tanaman toga (obat keluarga). Nah untuk Tanaman Obat bagi orang Indonesia sendiri sudah tidak asing lagi, karena memang orang zaman dahulu kerap kali menggunakan rempah-rempah untuk mengobati beragam penyakit nantinya.

Selain untuk pengobatan, tanaman obat ini juga biasanya digunakan untuk bahan membuat kosmetik maupun produk kecantikan lain, seperti contohnya lengkuas, kayu manis, temu lawak, mengkudu, serai, hingga brotowali. Untuk merawat jenis tanaman obat ini sendiri juga tidak sulit, maka dari itu banyak sekali yang menamnya di pekarangan rumah.

Cukup sekina informasi dari kami tentang berbagai macam Tanaman Hortikultura yang perlu anda ketahui, semoga artikel ini bermanfaat.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: