Jenis Jenis Tanaman Toga Yang Perlu Kita Kenali

Jenis Tanaman Toga – Tanaman Toga (Tanaman Obat Keluarga) tergolong sebagai obat tradisional dan juga alternatif untuk anda yang kirang cocok saat mengkonsumsi obat dari bahan kimia. Perlu diketahui, setiap tanaman memiliki berbagai zat-zat penting yang sangat baik untuk kesehatan tubuh seseorang.

Nah maka dari itu, kalian perlu mengetahui mana diantara tumbuhan artau tanaman yang memiliki beberapa kandungan untuk kesehatan tubuh. Nah pada kesempatan kali ini, kami ingin mengajak anda untuk mengenali beberapa tanaman toga yang biasa digunakan sebagai pengobatan alternatif oleh orang jaman dahulu. Wah kira-kira tanaman apa saja yang akan kita bahas kali ini? daripada anda penasaran, yuk cari tahu jawabannya dibawa ini.

Jenis Jenis Tanaman Toga Yang Perlu Kita Kenali tanaman toga Jenis Jenis Tanaman Toga Yang Perlu Kita Kenali Jenis Jenis Tanaman Toga Yang Perlu Kita Kenali

Daun Pepaya

Pohon pepaya memang memiliki buah yang begitu lezat dan segar apabila sudah matang, dan saat masih muda biasa dijadikan sebagai sayuran, Pepaya ini juga termasuk dalam kategori Tanaman toga lho. Daun pepaya bisa digunakan sebagai mencegah atau mengobati penyakit tertentu, meskipun rasanya pahit namun daun ini bisa digunakan sebagai obat.

Daun Seledri

Daun Seledri memang biasa dimasak sebagai campuran sayur sop, bakso, maupun sayur bening. Dan ternyata daun ini bisa digunakan sebagai pengobatan juga lho, seperti batuk asma, kencing manis, nyeri sendi, rematik, hingga bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

Daun Sirih

Kalau Tanaman Toga yang satu ini memang cukup mudah ditemukan ya, karena memang banyak orang yang menanamnya.Tanaman yang satu ini dikenal untuk mengatasi penyakit mimisan, namun lebih dari itu ada khasiat lain yang bisa diberikan, seperti mengatasi batuk berdahak, sariawan, bronkitis, radang tenggorokan, hingga luka bakar.

Jahe

Jahe kerap kali dinikmati dengan diseduh menggunakan air hangat, sehingga rasa hangat dan aroma khas dari jahe ini membuat seseorang bisa tenang. Selain itu,  jahe juga memiliki khasiat lain seperti mengatasi perut yang sakit, perut kembung, mual pada wanita hamil muda, nyeri otot, batuk bronkitis, hingga hilangnya nafsu makan.

Kunyit

Tanaman Toga selanjutnya masih dalam keluarga rempah-rempah, yakni Kunyit. Bahan yang satu ini biasa digunakan sebagai penyedap masakan, seperti opor, gulai, nasu kuning dan masih banyak lagi. Selain itu kunyit juga bisa digunakan untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan, seperti mengobati gatal, membunuh virus, menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan demam, hingga mengatasi rasa nyeri saat menstruasi.

Temulawak

Mungkin sudah bukan rahasia lagi ya, dimana rimpang temulawak dipercaya bisa digunakan untuk mengobari diare, perut kembung, saat kuning, maag, hingg badan pegal-pegal. Didalam lawak memiliki kandungan antioksidan yang bisa mencegah terjadinya penggumpalan darah. Didalam temulawak ini memiliki kandungan kurkumin dan minyak atsiri yang berfungsi sebagai anti radang.

Belimbing Wuluh

Buah yang memiliki rasa asam dan biasa digunakan sebagai campuran masakan tersebut rupanya masuk dalam keluarga Tanaman Toga lho. Perlu kalian ketahui, jika Belimbing Wuluh ini bisa digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit ringan, seperti rematik, gusi berdarah, sakit gigi, pegal linu, gingga penyakit kulit. Jadi tak ada salahnya jika kalian menanam buah ini dipekarangan rumah.

Jeruk Nipis

Yang terakhir ada Jeruk Nipis yang memang dikenal memiliki rasa yang sangat asam, meskipun begitu bau harum yang dimilikinya bisa membuat masakan menjadi semakin sedap. Selain itu, Jeruk Nipis juga memiliki khasiat untuk mengatasi masalah kesehatan, seperti batuk, vertigo, flu, deman, hingga menambah nafsu makan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: