Jenis Tanaman Hias Yang Cocok Hidup Di Tempat Panas

Jenis Tanaman Hias Yang Cocok Hidup Di Tempat Panas

Jenis Tanaman Hias Yang Cocok Hidup Di Tempat PanasUntuk memperindah lingkungan sekitar, maka seseorang selalu memberikan tanaman hias disekitar pekarangan rumahnya. Ada banyak sekali jenis tanaman hias yang dipilih untuk meperindah pekarangan, mulai dari berbentuk ternak, perdu, tanaman merambat, maupun berbentuk ppohon yang bisa digunakna sebagai pelengkap dekorasi maupun komponen dari taman.

Untuk tanaman hias ini memang tidak selalu berbentuk tanaman berbunga, bisa juga dari faktor bentuk , tampilan atau bisa berjenis tanaman herbal yang bisa digunakan untuk pengobatan. Namun ada beberapa tanaman hias yang memang tidak selalu cocok dalam kondisi cuaca maupun iklim.

Jenis Tanaman Hias Yang Cocok Hidup Di Tempat Panas Tanaman Hias Yang Cocok Hidup Di Tempat Panas Jenis Tanaman Hias Yang Cocok Hidup Di Tempat Panas Tanaman Hias Yang Cocok Hidup Di Tempat Panas

Nah karena kita saat ini berada di iklim tropis dimana daerah yang memiliki hawa panas, maka ada beberapa tanaman yang bisa kita milih untuk memperhias pekarangan agar kita mudah untuk merawatnya nanti. Nah berikut kamu bagikan informasi tentang beberapa contoh tanaman hias outdoor yang sangat kebal terhadap kondisi cuaca panas maupu hujan:

Tanaman Hias Kaktus

Tanaman hias yang pertama akan kita bahas kali ini adalah yang sangat cocok untuk cuaca panas yakni kaktus. Habitat asli dari tanaman kaktus ini adalah daerah kering seperti gurun, karena memang tanaman jenis ini mampu bertahan hidup tanpa air dalam waktu yang cukup lama.  Kelebihan dari tanaman kaktus ini adalah memiliki akar panjang yang mampu mencari air dan juga memperlebar penyerapa air dari dalam tanah. Berikut beberapa jenis tanaman kaktus yang bisa dijadikan tanaman hias:

  • Kaktus centong

Kaktus ini adalah sejenis kaktus ntang yang masuk dalam famili cataceae yang termasuk dalam genis opuntia. Di Indonesia sendiri kaktus centong ini memang cukup dikenal memang selalu menjadi pilihan jensis tanaman hias untuk pekarangan merek. Kaktuis jenis ini memiliki ciri khas batang utama memilimi diameter 20cm, bagian bunga tersusun soliter, mahkota bunga memiliki kelopak bewarna merah dan terdapat banyak benarng sari. Pada habitat manusia jenis tanaman ini bida tumbuh di pekarangan maupun tegalan.

  • Kaktus panda

Kaktus panda merupakan jenis tumbuhan herba tahunan yang memiliki tinggi kurang dari 0,5 m. Tumbuhan ini dinamakan kaktus panda karena memiliki banyak bulu halus yang berwarna coklat tua. Katus panda bisa tumbuh di daerah yang memiliki ketinggian 600 – 1000 mdpl. Kaktus jenis ini sangat senang tumbuh di tempat terbuka karena bisa berbunga, jika berada didalam ruangan kaktus panda ini jarang terlihat berbunga nantinya.

  • Kaktus kubis

Kaktus kubis masih menjadi saudara daari kaktus panda karena masuk dalam jenis tumbuhan sukulen yang memiliki bentuk seperti mawar. Katus jenius banyak sekali dihibridisasi sehingga banyak sekali varietas yang tercipta disamping varietas utamanya. Ciri dari tanaman kaktusnkubis ini memiliki banyak sekali daun berdaging dan juga mengandung banyak air. Daun tersusun rapi mulai pangkal batang hingga ujung batang.

  • Kaktus anggur

Kaktus anggur ini di Indonesia memiliki nama lain yang lebi akrab dikenal sebagai ekor kedelai, kaktus anggur ini merupakan jenis tanaman yang perpembuluh dan bisa memnghasilkan biji. Kaktus anggur dewasa mampu tumbuh hiungga 2 meter dan memiliki banyak daun yang gemuk. Kaktus anggur mampu bertahan dalam suhu 40 derajat farenheit, namun lebih suka dalam cuaca hangat.

  • Kaktus ariocarpus

Katus ariocarpus ini juga dikenal sebagai Raja Kaktus, kenapa disebut demikian? Karena memang menjadi sebuah lambang kemewahana bagi keluarga tanaman Cactaceae. Keberadaaan dari Katus ariocarpus ini sangatlah terbatas, sehingga mengalami banyak mutasi. Kaktus jenis ini memiliki sosok mirip kol bunga dan permukaan tuberkel atau batang kaktus yang penuh dengan tonjolan dan kasar. Kaktus ariocarpus jenis ini mampu hidup selama 30 tahun, karena memiliki tinggi maksimal mencapai 30 cm dan hanya akan tumbuh setinggi 1 cm setiap ntahunnya.

  • Kaktus golden barrel

Kaktus golden barrel ini sama dengan jenis kaktus lain yakni mampu hidup di lingkungan yang memiliki temnperatur tinggi. Temperatur minimun untuk tanaman kaktus ini adalah 12 derajat celcius dan harus mendapat sinar matahari langsung. Maka dari itu jenis kaktus ini hanya bisa hidup didaerah panas dan juga tropis. Tanaman Kaktus golden barrel ini bisa berkembang pada bulan Maret sampai April yang dihasilkan dari tanaman dewasa yang mendapat asupan sinar matahari langsung dengan baik.

Tanaman Hias Cemara

Tnaman hias cemara ini bsia menjadi salah alternatis sebagai tanaman yang memapu beradaptasi di tempat yang memiliki suhu panas selain tanaman kaktus. Diseluruh dunia, tanaman hias cemara ini sedikitnya memiliki 70 jenis tetumbuhan yang tersebar di belahan bumi selatan, dan terutama di daerah tropis. Berikut beberapa jenis tanaman cemara yang bisa dimanfatkan untu tanaman hias.

  • Cemara natal (cemara pua pua)

Cemara vpua pua menjadi salah satu tanaman cemara yang paling banyak di cari di Bandung dan juga Jakarta, dan bahkan menjadi primadona disana. Hal ini dikarenakan cemara pua pua ini banyak dimanfaatkan untuk ritual tertentu seperti pada saat natal cemara pua pua ini sering kali ditanam dalam wadah pot sebagai pelengkap ornamen taman dan juga halaman.

  • Cemara udang

Cemara udang menjadi salah satu tumbuhan yang sangat cocok untuk dijadikan bonsai. Untuk tanaman cemara udang ini sangat mudah ditemukan di daerah pantai Lombanbg dan Pantai Slopeng yang berada di daerah Sumenep, Madura. Ciri khas dari cemara udang ini memiliki daun yang berujung lancip seperti jarum, batangnya memiliki bentuk besr dan juga keras. Penduduk sekitar Sumenep meyakini jika cemara jenis ini berasal dari Cina, karena penyebarannya paling banyak berada disana.

  • Cemara kipas

Cemara kipas juga dikenal sebagai cemara medan. Selain cemara pua pua, seringkali cemara medan ini juga dimanfaatkan dalam acara natal. Ciri khas dari ntanaman ini adalah daunya berwarna kuning dengan tumbuh menyamping.

  • Cemara angin

Cemara angin  menjadi salah satu tanaman hias yan mampu hidup di semua daerah yang berada di Indonesia. Tanaman ini sangat cocok ditanam di tempat panas karena memang membutuhkan matahari penuh untuk pertumbuhannya. Cemara angin bisa tumbuh hingga 5 meter lebih dengan daun tipis dan lembut.

Tanaman hias Thunbergia

Tanaman hias Thunbergia ini merupakan jenis tanaman merambat dan memiliki bunga yang indah. Tanaman jenis ini sangat tahan terhadap cuaca panas dan membutuhkan panas matahari secara langsung agar rajin berbunga. Karena tumbuhnya yang merambat, membuat Tanaman hias Thunbergia ini sangat cocok untuk ornamen tanam vertikal maupun canopi.

Tanaman hias Bougenville

Tanaman hias Bougenville ini memiliki banyak sekali warna yang unik nan cantik, diantaranya pink, merah, orange, dan juga ungu. Saat usianya sudah tua maka batang dari tanaman ini akan mengeras. Maka dari itu berikan trim agar bentuknya tetap indah nanti. Beberapa jenis Tanaman hias Bougenville ini adalah california gold, after glow, glod rush, hingga coconut ice.

Tanaman hias bunga kamboja

Keberadaan dari Tanaman hias Bougenville pertama kali di Indonesia masih belum diketahui, namun banyak yang memperkirakan jika keberadaanya pertama kali dibawa oleh bangsa Portugis dan belanda. Bunga kamboja ini tumbuh subur di dataran rendah dan mampu tumbuh hingga ketinggian maksimal 700 meter.

Tanaman hias Lidah Mertua

Tanaman hias Lidah Mertua ini memiliki ciri khas daun tebal dan memiliki kandungan air sukule sehingga tahan dengan kekeringan. Namun agar bisa tumbuh subur Tanaman hias Lidah Mertua ini bisa ditanam dalam kondisi lembap atau basah. Tak hanya dijadikan tanaman his, tanaman ini njuga memiliki manfaat kesehatan seperti menyuburkan rambut, mengobati diabetes,  hingga mengobati kanker ganas.

Tanaman hias palem

Tanaman hias palem ini memiliki bentuk pohon, semak dengan batang yang jarang bercabang dan tumbuhnya tegak keatas dan hanya berbatan tunggal seperti kelapa dan ada juga yang berumpun seperti salak. Tanaaman palam ini bisa tumbuh tinggi hingga 20 meter.

Nah itu tadi sekilas ulasan dari kami tentang Jenis tanaman hias yang cocok hidup di tempat panas, sebenarnya masih banyak jenis tanaman ini, akan kita bahas kembali di lain waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *