Jenis Tanaman Obat Yang Perlu Kita Kenali

Jenis Tanaman Obat – Indonesia tidak hanya indah akan tetapi juga menyimpan beragam tumbuhan yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Menariknya lagi tanaman tersebut tidak hanya cantik akan tetapi beberapa juga ada yang bisa dijadikan sebagai obat.

Ada banyak jenis tanaman obat yang tumbuh subur di bumi pertiwi ini. Dan bahkan tanaman tersebut sudah dipercaya bisa menyembuhkan sejak zaman nenek moyang kita. Namun sayangnya semakin kesini masyarakat banyak yang memilih untuk mengkonsumsi obat kimia ketimbang obat yang berasal dari tanaman tradisional.

Jenis Tanaman Obat Yang Perlu Kita Kenali Tanaman Obat Jenis Tanaman Obat Yang Perlu Kita Kenali Jenis Tanaman Obat Yang Perlu Kita Kenali

Padahal jika dilihat dari proses pembuatannya sendiri obat dari tanaman tradisional jauh lebih aman ketimbang obat kimia. Dan dibawah ini ada beberapa jenis tanaman obat yang bisa menyembuhkan penyakit luar dan dalam.

Temulawak

Selama ini temulak terkenal sebagai penambah napsu makan. Namun ternyata Temulawak juga bisa dijadikan sebagai obat seperti obat untuk penyakit gangguan ginjal, menyehatkan jantung, menjaga kesehatan hati dan melancarkan pencernaan. Dari bagian Temulawak yang banyak dimanfaatkan adalah bagian akarnya atau sering kita sebut rimpang.

Kumis Kucing

Jenis tanaman obat selanjutnya adalah Kumis Kucing. Dilihat dari namanya saja tanaman tradisional satu ini sangat unik. Meski namanya Kumis Kucing jangan harap jika tanaman ini mempunyai bentuk panjang dan runcing seperti halnya kumis pada kucing.

Bentuk daun tanaman kumis kucing hampir mirip dengan daun mint. Kumis kucing diambil daunnya untuk mengobati penyakit kencing batu, rematik, asam urat, diabetes, hipertensi dan masih banyak lainnya.

Beluntas

Ya, beluntas merupakan salah satu daun yang tumbuh bergerombol. Daun ini akan terasa sangat lezat jika dimasak menjadi botok. Namun ternyata selain bisa dimasak ternyata beluntas juga bisa dijadikan obat alternatif.

Daun beluntas diambil untuk dijadikan obat herbal yang bisa mengatasi bau badan, pegelinu, rematik, keputihan hingga rematik.

Belimbing Wuluh

Belimbing Wuluh atau belimbing sayur sering kali digunakan untuk memberikan cita rasa asam pada masakan. Meski mempunyai bentuk yang kecil ternyata Belimbing Wuluh mempunyai banyak manfaat salah satunya adalah untuk obat tradisional.

Seperti yang telah disebutkan tadi jika Belimbing Wuluh bisa dijadikan sebagai obat tradisional. Tidak hanya buah ternyata bagian batang, daun dan bunganya juga bisa untuk obat. Seperti meredakan obat sariawan, pegelinu, sakit gigi, rematik, gusi berdarah dan lain sebagainya.

Lidah Buaya

Jenis tanaman obat berikutnya adalah Lidah Buaya. Tak hanya untuk rambut ternyata lidah buaya juga bisa menyembuhkan penyakit lainnya seperti sembelit, radang tenggorokan, serangan jantung, diabetes dan kecantikan.

Daun Jarak

Sejak zaman nenek moyang daun jarak dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Dari mulai daun, buah dan biji semua bisa dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh kita. Daun jarak sendiri bisa digunakan sebagai obat gatal, jamur pada kulit, rematik, gatal-gatal, perut kembung, dan bengkak yang disebabkan karena luka.

Melihat banyaknya manfaat tersebut agaknya sudah menjadi hal yang lumrah jika pada leluhur kita banyak yang menggunakan daun jarak sebagai obat.

Sambiloto

Tanaman Sambiloto atau yang mempunyai nama latin Green chiretta ini berasal dari India. Tanaman ini tumbuh subur di beberapa negara besar seperti Indonesia, Amerika, Malaysia dan Thailand.

Sedangkan untuk manfaat Sambiloto sendiri memang cukup banyak mulai dari meredakan demam, obat sakit perut, kencing manis sampai memperlancar air seni. Biasanya daun Sambiloto ini di olah dengan cara di rebus kemudian di ambil air sisa rebusan tersebut.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: