Kenali, Penyakit pada Ternak Kelinci Mulai Penyebab Hingga Cara Mengatasinya

Penyakit pada Ternak KelinciKelinci termasuk salah satu hewan yang sangat menggemaskan. Kelinci berada di posisi ketiga setelah anjing dan kucing sebagai hewan yang banyak di pelihara oleh manusia. Sebagai hewan peliharaan yang lucu ternyata perawatan kelinci harus dilakukan dengan sangat hati-hati.

Mulai dari pemberian makan, perawatan tubuh hingga kebersihan kandang. Jika ketiga poin tersebut tidak dilakukan dengan benar alih-alih ingin kelinci tumbuh dengan sehat kelinci tersebut malah terserang penyakit.

Kenali, Penyakit pada Ternak Kelinci Mulai Penyebab Hingga Cara Mengatasinya Penyakit pada Ternak Kelinci Kenali, Penyakit pada Ternak Kelinci Mulai Penyebab Hingga Cara Mengatasinya Kenali Penyakit pada Ternak Kelinci Mulai Penyebab Hingga Cara Mengatasinya

Mengenai penyakit pada kelinci di kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai penyakit pada ternak kelinci. Berikut adalah penjelasannya.

Flu Kelinci

Ternyata flu tidak hanya menyerang unggas akan tetapi juga menyerang hewan bertelinga panjang ini. penyakit tersebut di sebabakan oleh virus atau bakteri. Meski tidak terlalu berbahaya namun akan tetapi jika tidak ditangani dengan tepat penyakit flu kelinci ini sangat berbahaya.

Biasanya kelinci yang terserang penyakit ini akan mengalami beberapa gejala mulai dari nafsu makan yang menurun, sering bersi, malas bergerak dan hidung terlihat basah. Jika sudah melihat gejala tersebut sebaiknya kamu harus menyeka hidng kelinci dengan air hangat, setelah itu oleskan salep zinooxida dan biarkan kelinci terkena paparan sinar matahari.

Kudis atau Gudig

Penyakit pada ternak kelinci selanjutnya adalah Kudis/Gudig. Penyakit ini disebabkan oleh tungau dan biasanya penyakit yang sering terserang penyakit ini adalah bagian telinga. Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini adalah muncul bintik coklat di area telinga, biasanya bintik tersebut menjalar kemata.

Selain itu kelanci yang terserang penyakit kudis ini juga mengalami pembengkakan di bagian jari kaki dan berwarna kemerahan. Cara mengatasi penyakit ini bisa dilakukan dengan mengoleskan salep belerang 2 kali sehari di bagian luka. Jika kelinci sudah sembuh jangan lupa untuk menjaga kebersihan kandang.

Mencret atau Diare

Penyakit mencret/diare ini disebabkan oleh pemberian pakan yang sudah busuk. Jika dibiarkan maka penyakit ini bisa berujung kematian. Untuk gejala yang ditimbulkan biasanya kelinci lebih banyak diam di pojok kandang, nafsu makan berkurang dan sering mengeluarkan kotoran encer.

Pengobatan penyakit ini bisa dilakukan dengan memberikan pakan yang seimbang. Atau bisa juga memberikan pakan yang tersebuat dari ampas tahu yang sudah dicampur dengan obat mencret manusia.

Radang Mata

Salah satu penyebab penyakit radang mata pada kelinci adalah bakteri, asap, debu dan benda kecil lainnya. Penyakit ini biasanya ditandai dengan keluarnya air sehingga membuat bulu dan sekitarnya menjadi basah.

Pengobatan penyakit ini dilakukan dengan memberikan obat tetes yang mengandung antibiotik, penicillin, dan streptomycin. Obat tersebut bisa diteteskan atau dioleskan di area mata.

Sore Hocks (Popodermatis)  

Dilihat dari namanya penyakit pada Ternak Kelinci yang satu ini memang cukup aneh. Penyakit Popodermatis ini disebabkan oleh alas kandang yang kasar dan keras sehingga kelinci merasa tidak nyaman dan hal tersebut bisa membuat kelinci mengalami kelainan genetik.

Munculnya penyakit ini ditandai dengan bulu kaki yang terkelupas dan terjadi peradangan. Jika sudah melihat tanda-tanda seperti itu segera lakukan penanganan mulai dari mengontrol berat badan kelinci, membersihkan luga menggunakan antiseptik dan pastinya membuat alas kandang dari bahan yang halus.

Bisul

Penyakit bisul ini disebabkan oleh penggumpalan darah kotor di bagian bawah kulit. Untuk penanganan penyakit ini harus dilakukan pembedahan untuk mengeluarkan darat kotor tersebut. Untuk penanganan penyakit ini sebaiknya minta bantuan kepada dokter hewan.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: