X

Khasiat dan Manfaat Biji Pepaya Untuk kesehatan

Khasiat dan Manfaat Biji Pepaya Untuk kesehatanSaat kita akan memakan buah pepaya, pasti hal yang pertama kita lakukan adalah membelahnya jadi 2 bagian lalu membuang biji pepaya tersebut ya? Kebanyakan orang memang hanya mengkonsumsi daging dari buah pepaya ini saja, sementara bijinya langsung masuk pada tong sampah.

Namun tahukah anda, jika ternyata kebiasaan yang sering kita lakukan itu salah? Mungkin tidak sepenuhnya salah ya, akan tetapi mungkin karena faktor ketidak tahuan saja sehingga kita melakukan hal tersebut.

Perlu anda ketahui, jika biji pepaya yangs ering kali kita buang tersebut ternyata sangat baik untuk kesehatan lho. Ekstrak biji pepaya ini mengandung zat alkaloid, flavanoid, anthocyanosides, tanin, dan juga anthraquinones. Nah berikut kami bagikan infromasi tentang beberapa manfaat dar biji buah pepaya:

Menurunkan kolesterol

Zat yang terdapat didalam ekstrak biji pepaya ini memiliki efek hipolipidemia, kandungan ini sangat berguna bagi terapi hiperlipidemia yang bisa disebabkan oleh adanya kadar kolesterol tinggi.

Sebagai antioksidan

Kandungan flavanoid yang ada didalam bijin pepaya ini sangat berguna untuk  antioksidan dan juga menangkal radikal bebas

Menyehatkan ginjal

Ekstrak dari niji pepaya ini dipercaya bisa melindungi nginjal manusia dari racun yang bisa memicu  terjadinya gagal ginjal

Menyehatkan pencernaan dan liver

Kandungan yang terdapat didalam biji pepaya ini juga dipercaya memiliki kemampuan untuk membunuh parasit yang berada didalam sistem pencernann. Tidak hanya itu saja, ekstrak biji pepaya juga bisa menyingkirkan racun yang ada didalam usus dan juga liver.

Mencegah penyakit

Didalam biji pepayat terdapat kandungan fitokimia yang memiliki peran aktif untuk pencegahan penyakit

Cara Mengkonsumsi biji pepaya

Biji pepaya dpat dikonsumsi langsung sebagai jus: caranya dengan memblender biji pepaya yang masih basah lalu meminumnya sebagai jus

Dikonsumsi dengan cara diseduh layaknya meminum kopi: caranya cukup dengan mencuci biji pepaya hingga bersih, lalu menjemurnya hingga kering, lalu digiling hingga menjadi buuk dan diseduh dengan air hangat.

Meskipun memiliki banyak kelebihan, namun tidak disarankan untuk mengkonsumsi biji pepaya secara berlebihan. Karena mengkonsumis biji pepaya secara berlebihan bisa menurunkan kesuburan pria, lalu bagi wanita hamil biji pepaya ini juga tidak boleh dikonsumsi karena dikhawatirkan bisa mengganggu kesehatan janin.

wijaya :