8 Kiat Penting yang Harus Dilakukan Saat Ternak Ayam Kampung (Ayam Buras) – Part 2

Ternak Ayam KampungSelain bercocok tanam rupanya sebagian warga yang tinggal di area pedesaan juga memilih untuk beternak. Salah satunya adalah ternak ayam kampung. Mereka sengaja memilih sebagai peternak ayam kampung karena beberapa hal.

Pertama karena besarnya permintaan pasar dan yang kedua adalah proses perawatan yang rumayan simpel. Di part 1 kita telah membahas tentang 3 kiat penting saat ternak ayam kampung. Untuk poin ke 5 – 8 bisa kamu simak dalam ulasan berikut ini.

8 Kiat Penting yang Harus Dilakukan Saat Ternak Ayam Kampung (Ayam Buras) - Part 2 Ternak Ayam Kampung 8 Kiat Penting yang Harus Dilakukan Saat Ternak Ayam Kampung (Ayam Buras) - Part 2 Kiat Ternak Ayam Kampung

Pemberian Minum pada Ayam Kampung

Seperti manusia ayam juga membutuhkan air minum sebagai sumber energi.  Untuk pemberian air minum saat ternak ayam kampung pun tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Air minum untuk ayam kampung yang berusia 1-2 hari sebaiknya beri campuran gula pasir sebanyak 2 sdm/liter. Sedangkan untuk ayam yang sudah berusia 2-7 hari sudah bisa diberi air minum yang dicampur dengan obat anti stres.

Cara Pembuatan Kandang Anak Ayam yang Baru Menetas

  1. Pembuatan kotak untuk indukan
  • Biasa kandang ayam tersebut dari bambu yang sudah di belah kecil-kecil.
  • Untuk ukuran sebaiknya sesuaikan dengan jumlah anak ayam. Jika ada 40 ekor anak ayam sebaiknyabuat kandang dengan panjang 1 m, lebar 60m dan tinggi 80m.
  1. Tempat makan dan minum anak ayam

Untuk tempat makan dan minum terbuat dari bahan plastik, bambu atau kayu. Tempat makan dan minum ini biasanya diletakkan di dalam kotak supaya mudah dijangkau oleh anak ayam kampung.

  1. Beberapa hal yang harus dipehatikan saat membuat kotak indukan
  • Bersihkan kotak indukan minimal dua kali sehari
  • Pembuatan kotak indukan ini bertujuan sebagai pengganti induk ayam. Meskipun terpisah dengan induknya anak-anak ayam ini tetap merasa hangat.
  • Pengecekan rutin dan pastikan keamanan anak ayam.

Cara Memisahkan Sekaligus Perawatan Anak Ayam Kampung dari Si Induk

Kotak induk mempunyai peranan penting dalam pertumbuhan anak ayam. Oleh sebab itu tiga hari sebelum anak ayam dimasukkan maka kotak indukan harus disterilkan terlebih dahulu. Selanjutnya anak ayam yang sudah menetas langsung pisahkan dengan dengan indukannya dengan memasukkan ke kotak indukan.

Anak ayam yang sudah berusia 1-10 hari harus mendapat kehangatn secara maksimal. Pemanasan bisa dilakukan dengan menyalakan lampu saat malam hari dan suhu sedang dingin. Namun jika memasuki usai 11 hari maka lampu hanya akan dinyalakan jika suhu sedang dingin.

Suhu di dalam kotak indukan harus selalu diperiksa. Selain itu pemberian pakan dan minum harus dilakukan sebanyak 3-4 kali sehari. Agar anak ayam tumbuh dengan sehat maka kotak indukan harus terjaga kebersihannya.

Pengaturan Siklus Bertelur Ternak Ayam Kampung

Dalam setahun biasanya  ayam kampung bisa menghasilkan 50 butir telur. Akan tetapi jug ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan jumlah produksi telur yaitu dengan menetaskan telur menggunakan mesin penetas. Dengan menggunakan cara tersebut maka ayam kampung bisa menghaslkan telur sekitar 100 butir/ekor dalam setahun.

Yang paling penting dalam ternak ayam kampung adalah pengendalian penyakit pada ayam kampung. Beberapa penyakit seperti Flu Burung, Cacar, Kolera, Berak Darah dsb bisa menyebabkan ayam kampung mati.

Dari beberapa penyakit tersebut rupanya penyakit Tetelo dan Flu Burung adalah penyakit yang sangat berbahaya, untuk pengendalian penyakit tersebut bisa dilakukan dengan memberikan vaksin.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: