8 Kiat Penting yang Harus Dilakukan Saat Ternak Ayam Kampung (Ayam Buras) – Part 1

Kiat Ternak Ayam Kampung  – Ayam Kampung, banyak diburu untuk diolah menjadi masakan yang super lezat. Meski memiliki tekstur daging yang lebih ulet dari ayam potong namun rupanya  ayam kampung atau ayam buras ini tetap populer dikalangan pecinta kuliner.

Biasanya ayam kampung ini banyak di pelihara oleh penduduk desa. Dan mereka sengaja ternak ayam kampung hanya sebagai usaha sampingan saja. Dan jumlah ayamnya pun juga tidak terlalu banyak. Penduduk yang bermukim di area pedesaan biasanya membiarkan ayam mereka lepas dan mencari makan sendiri.

8 Kiat Penting yang Harus Dilakukan Saat Ternak Ayam Kampung (Ayam Buras) - Part 1 ternak ayam kampung 8 Kiat Penting yang Harus Dilakukan Saat Ternak Ayam Kampung (Ayam Buras) - Part 1 Ternak Ayam Kampung

Agar jumlah produktivitas ayam kampung ini mengalami peningkatan maka perlu dilakukan upaya khusus dalam pemeliharaan ayam kampung. Dan berikut ini adalah kiat penting yang harus dilakukan saat ternak ayam kampung :

Pemilihan Bibit

Pemilihan bibit merupakan salah satu poin penting dalam pemeliharaan ayam kampung. Pilih bibit dengan kualitas unggul entah itu calon pejantan atau betina. Biasanya perbandingan antara jantan dan betina adalah 1:7.

Mengingat jumlah jantan yang hanya satu ekor rupanya harus diperhatikan betul supaya kondisi pejantan tetap sehat dan subur.

  1. Tanda-tanda Calon Induk Betina Ayam Kampung yang Bagus
  • Calon induk betina yang bagus biasanya berusia 6 – 12 bulan
  • Semuaanggota tubuh dalam keadaan baik
  • Memiliki berat lebih dari 800 gram
  • Mata yang bersinar dan dubur lembut
  • Pial dan jengger berwarna merah segar
  • Tidak mempunyai sifat kanibal
  1. Tanda-tanda Calon Induk Pejantan Ayam Kampung yang Bagus
  • Calon pejantan yang bagus biasanya berusia 8 – 24 bulan
  • Beratnya sekitar 1 -1,5 kg
  • Tubuh besar, mata bersinar dan btnyuk kepala yang lulus sedikit pipih
  • Ekor melengkung dan panjang

Pemilihan Kandang

Seperti halnya manusia ternyata ayam kampung juga membutuhkan tempat berlindung yang aman. Pastikan kandang yang akan kamu gunakan memiliki luas yang cukup, hal tersebut bertujuan agar ayam bisa bergerak dengan bebas. Untuk menampung sekitar 40 ekor ayam kampung ukuran kandang yang pas sekitar 2×3 m.

Dalam pembuatan kandangpun juga harus memperhatikan beberapa hal seperti lokasi kandang harus jauh dari pemukiman warga, pastikan jika lokasi kandang tidak tergenang air dan jangan lupa untuk menjaga kebersihan kandang. Dan jangan lupa untuk meletakkan beberapa peralatan seperti tempat pakan dan minum ayam.

Jenis Pakan untuk Ternak Ayam Kampung

Pakan yang diberikan pada ayam kampung biasanya jenis makanan organik seperti jagung, padi, hingga sisa sayuran atau makanan. Selain itu kamu juga bisa memberikan makanan sampingan seperti cacing, bekicot yang sudah dicincang dan lain sebagainya.

Cara Pemberian Pakan Ternak Ayam Kampung

  • Pemberian pakan pada anak ayam kampung yang barus berusia 1 – 7 hari.

Jika ingin memberi makan anak ayam kampung yang usianya masih sedikit sebaiknya gunakan tempat makan yang datar. Hal ini bertujuan akan pakan mudah dijangkau oleh anak ayam. Setidaknya beri makan anak ayam sebanyak 3 – 4 kali dalam sehari.

  • Pemberian pakan pada anak ayam kampung yang barus berusia 1 – 10 minggu.

Untuk anak ayam yang usianya sudah menginjak 10 minggu maka pemberian makan bis dilakukan 3 kali sehari. Untuk pakannya sendiri bisadibrikana starter ayam kampung yang dicampur dengan dedak dengan perbandingan 1:1.

  • Pemberian pakan pada anak ayam kampung yang barus berusia 10 – 12 minggu.

Di usia ini ayam membutuhkan banyak kandungan protein. Biasanya pakan yang diberikan adalah jagung yang sudah digiling, dedak, gabah dll.

  • Pemberian pakan pada ayam kampung yang barus berusia 12 – 20 Minggu.

Ayam kampung yang usianya sudah lebih 12 minggu maka proses pertumbuahnnya berjalan dengan cepat. Dalam sehari ayam-ayam ini membutuhkan pakan sebanyak 70 gram dengan kandungan protein 12%.

  • Pemberian pakan pada ayam kampung dewasa.

Di usia dewasa ayam kampung tidak hanya mengalami pertumbuhan yang cukup pesat  akan tetapi juga sudah bisa menghasilkan telur. Dalam sehari ayam kampung yang bertelur membutuhkan pakan sebanyak 150 gram/hari.

Demikian 4 kiat penting yang harus diperhatikan saat ternak ayam kampung. Untuk poin selanjutnya silakan simak di Part 2.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: