Klasifikasi Serta Morfologi dari Tanaman Akar Wangi

Klasifikasi Serta Morfologi dari Tanaman Akar WangiAkar Wangi merupakan sejenis tanaman yang berkhasiat dan sudah lama dikenal serta dimanfaatkan oleh masyrakat Indonesia. Tanaman Akar Wangi ini konon asalnya dari negara India, Birma, dan juga Srilanka, nama latin dari tanaman ini adalah Vetiveria zizanioide.

Tanaman Akar Wangi sangat mudah ditemukan karan tumbuh secara liar di perkebunan atau bisa juga sengaja ditanam di berbagai negara dengan iklim tropis dan subtropis. Tanaman ini sejenis rerumputan yang memiliki bentuk menyerupai padi, tumbuh secara tegak, dan memiliki ketinggian bisa mencapai 2,5 meter. Sesuai namanya, tanaman ini sudah sejak lama dimanfaatkan sebagai bahan untuk wewangian.

Klasifikasi Serta Morfologi dari Tanaman Akar Wangi Tanaman Akar Wangi Klasifikasi Serta Morfologi dari Tanaman Akar Wangi Klasifikasi Serta Morfologi dari Tanaman Akar Wangi

Nama Lain Tanaman Akar Wangi dari berbagai nama daerah

Di Negara India, Tanaman Akar Wangi disebut dengan ‘cus-cus’ ataupun ‘khas-khas yang memiliki arti  ‘akar beraroma wangi’.  Sementara di Indonesia, setiap daerah memiliki nama yang berbeda-beda untuk tanaman tersebut,  mulai dari useur(Gayo), babuwamendi(Halmahera), garamakusu batawi (Ternate), narwastu atau usar(Sunda), larasetu (Jawa), karabistu (Madura), nausina fuik (Roti), urek usa (Minangkabau), hapias (Batak), tahele (Gorontalo), akadu (Buol), sere ambong (Bugis), baramakusu butai(Tidore) dan lain sebagainya.

Morfologi Tanaman Akar Wangi

Tanaman Akar Wangi merupakan sejenis rumput yang tumbuh menahun, arah tumbuhnya tegak lurus membuntuk rumpun yang berukuran besar, memiliki aroma khas, dan memiliki rimpang. Tinggi tanaman ini bisa mencapai 1 – 2,5 meter dengan diameter batag mencapai 2-8 mm.

Untuk daun dari Tanaman Akar Wangi ini memiliki bentuk pita/garus pilih, kaku, dan memiliki permukaan bawah daun yang licin, warna daun hijau. bunag dari Akar Wangi ini menyerupai padi, berduri, dan memiliki warna putih kotor. Bunga dari tanaman ini tumbuh di batang dan berbentuk bulir. Perbungaan malai terminal, dan tiap tandan memiliki panjang mencapai 10 cm, akar tanaman ini  memiliki bentuk serabut dan berwarna kuning, akarnya memiliki aroma wangi yang cukup pekat.

Klasifikasi Tanaman Akar Wangi

Regnum Plantae
Divisio Spermatophyta
Sub Divisio Monocotyledone
Ordo Graminales
Family Graminae
Genus Ordo Graminales
Spesies Vetiveria zizanioides Stapf

 

Kandungan kimia dalam Tanaman Akar Wangi

Kandungan utama dari Tanaman Akar Wangi ini adalah (Vetiveria zizanioides Stapf) daintaranya seskuiterpenahidrokarbon (seperti, cadenene, clovene, junipene, amorphine, aromadendrine), senyawa turunan alkohol vetiverols (seperti, khusimol, khusinol, epiglobulol, spathulenol,), senyawa turunan karbonil – vetivons (keton) (seperti, a-vetivon, ß-vetivon, khusimon), serta senyawa turunan ester (seperti, khusinol asetat) (Akhila and Rani, 2002). Secara keseluruhan Tanaman Akar Wangi ini memiliki kandungan sekitar 100 jenis senyawa seskuiterpena dan turunannya.

Pemanfaatan Akar Wangi

Akar yang dimiliki oleh Tanaman Akar Wangi ini bisa menghasilkan minyak atsiri didalamnya, yakni minyak akar wangi yang dihasilkan dari destilasi akar tanaman tersebut. minyak dari akar wani tersebut memiliki daya fiksasi aroma yang begitu kuat, sehingga banyak sekali digunakan oleh industri parfum, aromatherapy, maupun pewnagi sabun. Manfaat lain dari tanaman ini adalah sebagai bahan insektisida alami, sementara dalam obat herbal, tanaman ini berfungsi sebagai stimulant, carminative, dan juga diaphoretic.

Minyak dari akar wangi ini menjadi salah satu jenis minyak atsiri dengan nilai ekonomi tinggi yang dihasilkan oleh Tanaman Akar Wangi. Dan bagian yang tanaman yang memiliki kandungan minyak adalah akarnya, sementara untuk bagian lain seperti daun dan batang tidak memiliki kandungan minyak tersebut, sehingga jarang sekali untuk dimanfaatkan.

Sekian ulasan dari kami tentang Klasifikasi Serta Morfologi dari Tanaman Akar Wangi semoga artikel ini bermanfaat.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: