Langkah-langkah dan Cara Budidaya Ikan Mas Yang Baik

Cara Budidaya Ikan MasIkan Mas atau yang memiliki nama latin Cyprinus Carpio merupakan jenis ikan yang berasal dari Tiongkok. Budidaya ikan mas biasanya dilakukan di daerah yang memiliki hawa sejuk dengan suhu sekitar 25°C.

Idealnya lokasi yang cocok untuk budidaya ikan mas adalah daerah yang memiliki ketinggian 1000 meter dpl. Sementara untuk usaha budidayanya sendiri dibagi menjadi dua yaitu usaha pembenihan dan pembesaran.

Langkah-langkah dan Cara Budidaya Ikan Mas Yang Baik Budidaya Ikan Mas Langkah-langkah dan Cara Budidaya Ikan Mas Yang Baik Langkah langkah dan Cara Budidaya Ikan Mas Yang Baik

Budidaya pembenihan ikan mas

Untuk budidaya pembenihan ikan mas langkah pertama yang harus dipersiapkan adalah memilih calon indukan yang memiliki kualitas bagus. Setelah mendapatkan calon indukan nya kemudian indukan tersebut di pelihara di sebuah kolam pembibitan dengan memisahkan antara jantan dan betina.

Selanjutnya adalah proses perkawinan yang dilakukan i sebuah kolam khusus. Letakkan kakaban di kolam khusus tersebut.  Nantinya kakaban itu akan digunakan untuk menempelkan telur.

Budidaya pembesaran ikan mas

Dalam budidaya ikan mas tata cara yang harus dilakukan lebih mendetail dan harus teliti. Sebab dalam budidaya kali ini kamu harus merawat benih ikan yang ukurannya masih sangat kecil yaitu sekitar 10 cm.

Untuk budidaya pembesaran ikan ini pun juga bisa dilakukan dengan berbagai metode seperti metode bair deras hingga tumpang sari. Akan tetapi kebanyakan orang menggunakan metode air tenang. Untuk bagaimana langkah-langkah budidaya ikanmas yang baik dan benar mari simak ulasan dibawah ini.

Banyak orang memilih untuk budidaya ikan mas menggunakan air tenang sebab kolamnya sendiri terbuat dari galian tanah sehingga biaya yang dikeluakan juga tidak terlalu banyak. Selain itu menerapkan metode air tenang ini juga mempunyai kelebihan yaitu ikan bisa mencari pakan alami seperti cacing dan bebagai mikro organisme lainnya.

  • Hal pertama yang harus diperhatikan dalam budidaya ikan mas dengan metode air tenang adalah melakukan pembajakan dasar kolam kemudian penjemuran, pengapuran, pemupukan dan penggenangan air.
  • Proses pembuatan kolam ini bisa memakan waktu selama 1-2 minggu. Semua itu tergantung cuasa saat penjemuran kolam.
  • Untuk benih ikannya sendiri pilih benih yang memiliki berat 100g/ekor.
  • Beri pakan benih ikan menggunakan pelet yang mengandung 25% protein.
  • Benih ikan mas diberi makan setiap pagi, siang dan sore.
  • Jangan lupa dalam 2 minggu sekali lakukan penimbangan bobot ikan.
  • Pemberian makan yang teratur serta perawatan yang baik bisa membuat ikan tumbuh dengan bagus. Dan dalam kurun waktu sekitar 3 bulan maka berat badan ikan akan menjadi sekitar 400g/ekor.

Pengendalian hama

Tidak hanya tanaman tenyata hama juga bisa menyerang hewan salah satunya adalah ikan mas. Seiring dengan berjalannya waktu perkembangan ikan mas sangatlah pesat. Disamping itu penyebaran penyakitpun bisa terjadi sewaktu-waktu jadi kesehatan ikan juga wajib untuk diperhitungkan.

Panen ikan mas

Ikan mas yang sudah siap panen biasanya memiliki berat badan minilam 300g. Sedangkan lama budidaya ikan mas mulai dari pembenihan sampai masa panen memerlukan waktu kurang lebih 3 bulan.

Jika bobot ikan dibawah 300g maka ikan tersebut masih bisa untuk dibesarkan lagi. namun jika besar ikan melebihi 500g maka ikan tersebut sudah tidak ekonomis lagi. Sebab semakin besar ikan maka semakin mahal pula harganya. Sedangkan konsumen sendiri lebih menyukai ikan mas yang memiliki berat sedang.

Demikian informasi tentang budidaya ikan mas. Semoga informasi tadi bermanfaat untuk anda.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: