Macam-macam jenis Pupuk NPK dan Kegunaanya

Macam-macam jenis Pupuk NPK dan Kegunaanya

Jenis Pupuk NPK 16-16-16

#Pupuk NPK Mutiara 16-16-16

Pupuk NPK ini merupakan jenis pupuk majemuk yang memiliki kandungan 5 unsur nutrisi makro dan mikro didalamnya yang sangat dibutuhkan tanaman. Pupuk NPK Muiara mengandung 16% Nitrogen, 16% Phospate, 16% Kalium, 0,5% Magnesium, 6% Kalsium. Karena kandungan yang ia miliki, maka pupuk ini dikenal dengan istilah pupuk NPK 16-16-16. Pupuk ini memiliki ciri khas berbentuk butiran granul berwarna biru pudar dan dikemas dalam plastik.

Macam-macam jenis Pupuk NPK dan Kegunaanya jenis Pupuk NPK Macam-macam jenis Pupuk NPK dan Kegunaanya Macam macam jenis Pupuk NPK

#Pupuk NPK Zamrud 16-16-16

Pupuk NPK 16-16-16 Zamrud merupakan pilihan terbaik jika ingin memenuhi kebutuhan nutrisi pada tanaman anda, cabai salah satunya. Pupuk NPK Zamrud ini seluruhnya mampu larut dalam air dan bersifat  netral, sehingga tak akan mempengaruhi keasaman tanah. Dalam tiap butir memiliki unsur nutrisi, yakni Nitrogen, Magnesium, Phospat, Kalium, dan juga belerang.

#Pupuk NPK Ria Plus 16-16-16

Pupuk NPK Ria Plus 16-16-16 mampu menghasilkan tinggi tanaman, jumlah anakan, dan juga bagan warna daun yang lebih tinggi dan jugu banyak jika dibandingkan dengan perlakuan kontrol. Hal ini mendedikasikan jika pupuk Ria Plua ini sangat efektif untuk meningkatkan ketersediaan unsur Nitrogen, Phospat, dan juga Kalium pada tanaman.

#Pupuk NPK Kebomas 16-16-16

Pupuk yang satu ini menjadi salah satu andalan dari PT Petrokimia Gresik. NPK Kebomas ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan efisiensi dan efektifiitas dalam penggunaan pupuk, meningkatkan jumlah dan juga mutu hasil pertanian, hingga mengatasi masalah kelangkaan pupuk tunggal. Pupuk NPK Kebomas memiliki ciri berwarna merah bata dan berbentuk butiran yang ukuran 2-4 mm.

#Pupuk NPK Pak Tani 16-16-16

Pupuk NPK Pak Tani didalamnya mengandung unsur Nitrogen 16% (Amonium Nitrogen 9,6%, Nitrat Nitrogen 6,4%), Phospate 16% Calsium Oxide 5%, Potassium Oxide 16%, dan juga Magnesium Oxide 1%. Selain itu, NPK Pak Tani ini juga mengandung Nitrat sebesar 7% yang membuatnya mampu diserap dengan cepat oleh tanaman sehingga akan mempercepat pertumbuhannya nanti. Pupuk yang satu ini mudah larut dalam air, dengan begini sangat coocok untuk digunakan sebagai pupuk dasar mapun pupuk susulan terutama dengan cara kocoran atau penyiraman malalui akar.  Unsur nutrisi yang dimiliki oleh NPK Pak Tani ini mudah diserap tanaman, sehingga memicu pertumbuhan yang lebih cepat untuk masa vegtatif dan generatif.

#Pupuk NPK Mahkota 16-16-16

Pupuk NPK Mahkota 16-16-16 ini merupakan jenis pupuk majemuk super yang di impor langsung dari Rusia. Pupuk ini sangat cocok di aplikasikan dengan berbagai jenis tanamn, baik dalam lingkup perkebunan, tanaman pangan, tanaman buah-buahan, hingga palawija. Kandungan pupuk NPK Mahkota diantaranya: Nitrogen 16% (Ammonium 10,5%, Nitrate 5,5%), Kalium 16%, Phospate 16%, Kalsium Florida 1,9 %. Pupuk ini memiliki bentuk butiran berwarna merah muda dengan ukuran 1-4 mm.

#Pupuk NPK Pelangi 16-16-16

Pupuk NPK Pelangi ini menjadi varian produk pupuk majemuk dari Pupuk Kaltim. Variasi yang dimiliki oleh Pupuk Pelangi ini begitu banyak, dikarenakan dibuat sesuai dengan kebutuhan tanaman dari para petani. Pupuk NPK Pelangi ini memiliki kandungan Kalium, Fosfat, serta Nitrogen dengan kualitas tinggi dan diproses menggunakan mechanical Blending sehingga menghasilkan kualitas pupuk yang hebat. Berikut beberapa jenis Pupuk NPK Pelangi yang bisa anda temui

  1. Pupuk NPK Pelangi Unggul

Pupuk NPK Unggul  ini diformulasika untuk meningkatkan pertumbuhan dan produksi dari hasil pertanian anda nantinya. Formula yang terdapat didalam Pupuk ini begitu fleksibel sehingga membuat dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan dari tanaman dan kondisi tanah tertentu.

  1. Pupuk NPK Pelangi Maxi

Untuk pupuk NPK Pelangi Maxi ini juga dibagi menjadi 3 jenis lagi, yakni NPK Pelangi Maxi (13-6-27-4-0,6), NPK Pelangi Maxi (12-12-17-2) dan MPK Pelangi Maxi (15-15-6-4). Angka yang terdapat dalam pupuk tersebut merupakan kandungan nutris yang terkandung didalamnya, dengan urutan Nitrogen,Phospate, Kalium dan juga nutris mikro lain, seperti Magnesium. Pupuk ini dikhsuskan untuk tanaman keras, seperti karet, kopi, kelapa sawit, hingga tebu.

  1. Pupuk NPK Pelangi Super

Pupuk NPK Pelangi Super ini diformulasikan untuk tanaman pangan dan holtikultura, seperti contohnya kedelai, jagung,  padi, wortel, singkong, dan lain sebagainya. Didalam NPK Pelangi Super memiliki kandungan unsur Nitrogen, Kalium , Phospate dengan komposisi 10-10-10.

Jenis Pupuk NPK 15-15-15

#Pupuk NPK basf 15-15-15

Pupuk NPK Basf 15-15-15 ini memiliki kandungan 5 unsur nutrisi makro dan mikro yang sangat dibutuhkan oleh tanaman. Kandungan tersebut meliputi Nitrogen 15%, Kalium 15%, Phospate 15%, Mahgnesium 0.5%, dan kalsium 6%.  Pupuk ini masih di impor dari Jerman, sehingga harganya pun masih tergolong mahal dipasaran. Meskipun mahal namun pupuk ini masihh tetap laris karena memang khasiatnya yang begitu ampih untuk pertumbuhan tanaman dan reaksinya yang begitu cepat. Pupuk BASF ini memiliki bentuk butiran granul berwarna biru pudar dan dikemas dengan kemasan plastik.

#Pupuk NPK Ria Plus 15-15-15

Pupuk  NPK Ria Plus 15-15-15 ini adalah sejenis pupuk majemuk yang terdiri dari 3 unsur nutris makro didalamnya, yakni Nitrogen 15%, Kalium 15%, Phospate 15%,.  Pupuk ini sangat cocok diaplikasikan untuk segala jenis tanaman, baik tanaman holtikultura, tanamn pangan, hingga tanaman buah.

#Pupuk NPK Phonska 15-15-15

Pupuk NPK Phonska ini telah diproduksi oleh perusahaan BUMN yakni PT Petrokimia Gresik yang menjadi produsen pupuk terbesar di Indonesia. Pupuk NPK Phonska ini memiliki kandungan Nitrogen 15%, Kalium 15%, Phospat 15%, Sulfur 10%, Kalium 15%. Pupuk NPK Phonska memiliki bentuk butiran berwarna merah muda yang bersifat mudah larut dan mudah diserap oleh akar. Pupuk NPK Phonska ini tidak dijual bebas dipasaran dan didistribusikan secara tertutup, sehingga hanya dijual untuk para kelompok tani yang sudah terdaftar.

#Pupuk NPK Phonska Plus 15-15-15

Pupuk NPK Phonska Plus juga merupakan varian lain dari Pupuk NPK Phonska yang memiliki berat bersih 25 Kilogram berbentuk granul berwarna putih dan bersifat mudah larut dalam air.  Pupuk NPK Phonska Plus memiliki kandungan nutris Fosfat, Nitrogen, Kalium dengan kadar masing-masing 15%. Selain itu ada juga kandungan Sulfur 9%,  dan Zinc 2000 part per milion.

Pupuk NPK Khusus Untuk Kelapa Sawit

#Pupuk NPK Palmo

Palmo merupakan jenis Pupuk NOK yang memiliki kandungan nutrisi makro dan mikro yang lengkap dan diperkaya dengan fulvat dan asam humat, pupuk ini diformulasikan untuk kelapa sawit. NPK Palmo ini memiliki kandungan makro (Nitrogen, Kalium, Kalsium, Phospat, Magnesium, dan sulfur), nutrisi Mikro (B, Cu, Zinc, Fe, Mn) dan juga Asam Humat dan Fulvat.

#Pupuk NPK Mahkota 12-12-17-2+TE

Sama dengan NPK Palmo, pupuk yang satu ini juga diformulasikan khusus untuk tanaman kelapa sawit. Pupuk mahkota ini memiliki kandungan Nitrogen 12%, Kalium 17%, Phospat 12%, Magnesium 2%. Selain itu juga terdapat kandungan nutrisi mikro Borate, CuSo4 dan ZnSO4.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *