Mengenal Jenis dan Varietas Unggul Kelapa Sawit

Mengenal Jenis dan Varietas Unggul Kelapa Sawit

Mengenal Jenis dan Varietas Unggul Kelapa SawitKelapa sawit nasional dalam dunia industri saat ini memang masih menjadi andalan di Indonesia, salah satu motor penggerak dan juga penopang perekonomian nasional ini masih cukup banyak diminati oleh para pengusaha.

Meskipun mulai 2016 lalu harga CPO Global terus mengalami penurunan yang berdampak pada ekspor minyak sawit Indonesia melemah, namun permintaan dari minyak sawit ini tiap harinya masih terus meningkat.

Mengenal Jenis dan Varietas Unggul Kelapa Sawit jenis dan varietas unggul kelapa sawit Mengenal Jenis dan Varietas Unggul Kelapa Sawit Mengenal Jenis dan Varietas Unggul Kelapa Sawit

Dengan begini maka menunjukkan jika kesadaran manusia akan kebutuhan minyak nabati setiap tahunnya masih bisa meningkat, selain itu peningkatan populasi dan kesadaran masyarakat jika penggunaan energi hijau untuk bahan bakar nabati sangatlah penting.

Selain itu, peningkatanakan perminataan kelapa sawit ini mengalami peningkatan disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya kelapa sawit ini bisa digunakan untuk kebutuhan industri pangan, selain itu juga sudah berkembang sebagai salah satu energi alternative untuk beberapa negara disaat berkurangnya bahan energy yang berasal dari fosil saat ini.

Dan perlu kita ketahui, saat ini negara kita Indonesia telah menjadi negara terbesar penghasil kelapa sawit di dunia, mengalahkan negara besar lain seperti Malaysia dan Thailand. Untuk itu, agar kualitas kelapa sawit makin baik, maka perlu dilakukan upaya perbaikan mulai dari teknik budi daya, pengenalan hama penyakit serta pengenalan varietas kelapa sawit yang cocok untuk setiap daerah.

Jenis Varietas Kelapa Sawit, ciri ciri dan juga keunggulannya:

Jenis kelapa sawit yang berdasarkan tempurung, kandungan minyak dan ketebalan daging buah

#Varietas Kelapa Sawit Pisifera

Pisifera merupakan salah satu varietas kelapa sawit yang memiliki tempurung yang sangat tipis, daging biji tipis, namun memiliki buah yang tebal. Rendeman kandungan minyaknya rendah dan inti hanya dilapisi oleh serabut. Kelawa Sawit Pisifera ini dalam persilangan varietas selalu dijadikan sebagai pohon induk jantan.

#Varietas Kelapa Sawit Dura

Kelapa sawit Dura merupakan varietas yang memiliki tempurung cukup tebal, bisa mencapai 2-8 mm. Untuk daging buahnya tipis, daging biji besar dengan rendemen minyaknya rendah, hanya sekitar 16-18% saja. Nah dalam persilangan varietas kelapa sawit ini menjadi induk betina.

#Varietas Kelapa Sawit Tenera

Nah dari hasil perkawinan Kelapa sawit Pisifera dan Dura, maka kelapa sawit Tenera inilah hasilnya. Ciri-ciri dari kelapa sawit ini adalah memiliki tempurung yang tipis, daging buah sangat tebal, tandan buah lebih banyak serta memiliki rendeman kandungan minyak sangat tinggi, yakni mencapai 22-24%.

Jenis Varietas Kelapa Sawit Berdasarkan warna kulit buah

#Varietas Kelapa Sawit Virecens

Ciri-ciri dari varietas Kelapa Sawit ini adalah memiliki warna buah muda hijau, dan ketika sudah masak kulit buahnya akan berubah warna menjadi jingga kemerahan, namun pada bagian ujungnya tetap memiliki warna hijau.

#Varietas Kelapa Sawit Nigrescens

Untuk ciri-ciri dari varietas Kelapa Sawit Nigrescens ini adalah memiliki buah yang berwarna ungu kehitaman, dan pada saat buah masak memiliki kulit buah yang berwarna jingga kehitam-hitaman.

#Varietas Kelapa Sawit Albenscens

Lalu untuk ciri varietas Kelapa Sawit Albenscens ini adalah memiliki buah yang berwarna keputih-putih dan pada saat sudah masak warna buahnya berubah menjadi kekuning-kuningan dengan ujung buah yang memiliki warna ungu kehitaman.

Jenis Kelapa Sawit berdasarkan keunggulan sifat tanaman

Untuk varietas Kelapa Sawit unggul ini dihasilkan dari persilangan antara tetua yang memiliki sifat-sifat tanaman yang baik. Tetua yang dimaksud dalam proses persilangan ini adalah Varietas Dura (induk betina) dan Pisifera (induk jantan). Nah dari hasil persilangan itu nantinya akan menghasilkan beberapa varietas Kelapa Sawit yang lebih baik, seperti:

#Varietas Dura Deli Marihat, Dura Dumpy Pabalu, Dura Deli D Sinumbah, Dura Deli G Bayu

#Varietas Pisifera D Sinumbah, Pisifera SP 540 T, Pisifera Marihat, Pisifera Yangabi, Pisifera La Me

Varietas DxP PPKS 718, DxP PPKS 540, DxP PPKS Simalungun, DxP PPKS 239, DX La Me, Dxp Langkat, DxP Simalungun, DxP Yangambi, DxP Avros. Untuk varietas unggul Kelapa Sawit ini sudah tersedia di PPKS (Pusat Penelitian Kelapa Sawit). Dan untuk keugggulan dari beberapa varietas Kelapa Sawit ini berbeda-beda, diantaranya:

#DxP Avros, DxP Simalungun, DxP PPKS 540

Ketiga jenis Kelapa Sawit unggul termasuk maduk dalam kelompok SP540, dimana varietas ini di dapat dari indukan tetua Pisifera turunan SP540 murni yang hanya dimiliki oleh PPKS. Dengan adaptasinya yang cukup luas, membuat Kelapa Sawit jenis ini bisa ditanam diberbagai lahan baik wilayah yang bergelombang maupun datar.

#DxP PPKS 718, DxP PPKS 239, DxP Yangambi

Untuk ketiga jenis Kelapa Sawit unggul yang ini masuk dalam kelompok Yangambi, yakni populasi Kelapa Sawit yang berasal dari Afrika dan banyak digunakan untuk tetua Pisifera sumber benih unggul. Keunggulan dari varietas ini secara umunya pada bagian bobot tandan yang relatif besar. Kelompok Yangambi ini memiliki kandungan rendeman dan mesokarp yang tinggi, dan jauh lebih unggul jika dibandingkan varietas lainnya.

Lalu untuk jenis DxP PPKS 239 ini memiliki keunggulan tandan besar sehingga memiliki potensi produksi PKO dan CPO uang lebih tinggi jika dibandingkan kelompok Yangambi lainnya. Sangat cocok dikembangkan untuk industri pangan dan non pangan.

#DxP Langkat

Varietas Kelapa Sawit unggul pertama yang dihasilkan oleh PPKS adalah DxP Langkat ini dari hasil kombinasi dari tetua terbaik Pisifera.   Kombinasi Pisifera terbaik ini antara lain Yangambi, SP 54p da  juga Marihat yang disilangkan dengan Dura Deli terbaik, sehingga hal ini menghasilkan karakter unggul Kelapa Sawit yang memiliki potensi CPO hingga 8,3 ton/ha/tahun. Varietas ini cocok ditanam dilahan bergelombang dan berbukit, dan sudah bisa berbuah mulai usia 22 bulan setelah tanam.

Demikian ulasan dari kami tentang mengenal jenis dan varietas unggul kelapa sawit, semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *