Mengenal Lebih Dekat Tentang Hama Thrips

Mengenal Lebih Dekat Tentang Hama Thrips

Mengenal Lebih Dekat Tentang Hama ThripsHama Thrips merupakan sejenis hama yang sangat berbahaya bagi tanaman, terutama bagi para petani yang menanam cabai. Hama Thrips menterang tananam pada bagian daun muda maupun pada pucuk tanaman.

Untuk gejala serangan dari Hama Thrips ini cukup mudah dikenali, dimana ditemukan daun keriting dan juga menggulung keatas. Akibat dari serangan Hama Thrips ini bila dibiarkan saja akan membuat pertumbuhan terganggum produktifitas menurun, dan jika sudah parah tanaman cabe jadi mati nantinya.

Mengenal Lebih Dekat Tentang Hama Thrips Hama Thrips Mengenal Lebih Dekat Tentang Hama Thrips Mengenal Lebih Dekat Tentang Hama Thrips

Hama Thrips ini biasanya menyerang tanaman seperti tomat, cabe, jeruk, dan masih banyak lagi. Hama Thrips ini memiliki panjang sekitar 1-1,2 cm dan memiliki warna hitam dengan ada garis merah pada bagian tubuhnya.  Pada saat fase nimfa, Hama Thrips ini memiliki warna putih kekuning-kuningan, tidak memiliki sayap. Sementara Hama Thrips dewasa memiliki sayap dan juga rambut yang berumbai-rumbai.

Hama Thrips ini menyerang tanaman dengan cara menghisap cairan daunnya, dan yang menjadi makanan favorit dari hama ini adalah bagian daun muda maupun pucuk tanaman. Bagian daun yang sudah dihisap oleh Hama Thrips ini nantinya akan berubah warna menjadi perak, hal ini dikarenakan adanya udara yang masuk kedalam rongga daun.

Cara mengatasi Hama Thrips

Cara teknis : yakni dengan cara menjaga tanaman kita tidak sampai kekeringan, caranya dengan rajin melakukan penyiraman dalam jumlah yang cukup. Selanjutnya dengan membersihkan gulma yang ada disekitar tanaman juga nantinya. Hal ini karena gulma bisa dijadikan sarang dan juga inang bagi Hama Thrips.

Cara kimiawi: untuk mengatasi Hama Thrips cengan kimiawi adalah dengan melakukan penyemprotan insektisida, seperti: Alfamex, Bamex, Catez, Demolish, Caleb-tin dan masih banyak lagi. Untuk dosis penyemprotan diseseuaikan dengan lahan.

Cara lainnya yang disarankan :

  • Lakukan pengecekan secara rutin pada tanaman
  • Lakukan penyemprotan sesuai dengan dosis yang dianjurkan
  • Penyemprotan dilakukan setiap pagi hari sebelum matahari terik
  • Lakukan penyemprotan segera setelah melihat ada gejala
  • Penyemprotan sebaiknya mengguakan lebih dari 1 insektisida agar kekebalan terhadap serangan Hama Thrips ini lebih baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *