Pengendalian 7 Penyakit Penting Pada Tanaman Mangga

Pengendalian 7 Penyakit Penting Pada Tanaman ManggaBuah mangga memang menjadi salah satu komoditas pertanian yang cukup menguntungkan ya, selain bisa dipanen dengan jumlah yang sangat banyak, buah mangga pun sangat mudah untuk perawatannya nanti.

Namun tanaman mangga ini masih cukup rentan dengan serangan penyakit, dan hal ini bisa menjadi ancaman bagi petani karena bisa membuat mereka gagal panen. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas artikel tentang Pengendalian 7 penyakit penting pada tanaman mangga yang perlu anda ketahui.

Pengendalian 7 Penyakit Penting Pada Tanaman Mangga Pengendalian 7 Penyakit Penting Pada Tanaman Mangga Pengendalian 7 Penyakit Penting Pada Tanaman Mangga

Dengan mengetahui mengenai berbagai penyakit pada tanaman mangga serta cara pengendalinnya, diharapkan bisa membantu petani dan meningkakan hasil panen nanti.

7 Jenis Penyakit Mangga Dan Cara Pengendaliannya

#Antraknosa

Penyakit mangga yang pertama adalah Antraknosa. Penyakit ini adalah cendawan atau jamur yang bisa menyerang ranting, daun, bunga, dan bahkan buah mangga. Penyakit ini biasanya menyerang pada saat musim pembungaan dan pembuahan.

Gejala dari penyakit Antraknosa yang bisa dikenali adalah adanya bercak berwarna coklat tua pada tanaman yang terserang, daun dan bunga yang terserang akan menjadi kering dan gugur. Sementara jika buah yang terkena penyaki antraknosa, maka bisa mengakibatkan bercak coklat pada buah mangga tersebut dan pada serangan parah bisa membuat buah mangga gugur sebelum panen.

Cara Pengendalian Penyakit Antraknosa

  • Mengatur jarak tanam, pemangkasan dan menanam tidak terlalu rapat
  • Bersihkan dan musnahkan daun kering serta buah yang gugur di sekitar tanaman
  • Potong dan musnahkan bagian tanaman yang terserang antraknosa
  • Jika nampak gejala awal, maka sempritkan fungisida benomil (500 ppm)/diabendazol (90 ppm) selama 5 menit

Penyakit Kulit Batang Mangga (Diplodia)

Penyakit Diplodia ini adalah sebuah jamur yang menyerang pada bagian batang dan juga ranting. Gejala awalnya, terdapat luka yang disebebkan benda tajam, sehingga pada saat musim kemarau kula tersebut mengeluarkan blendok dan saat musim hujan tiba, luka semakin berkembang hingga ke jaringan kayu. Gejala luarnya, biasanya kulit luar tampak pecah, menegluarkan cairan coklat, hingga bagian tanaman diatasnya kering dan mati.

Cara pengendalian penyakit Diplodia

  • Potong ranting yang terserang penyakit lalu bakar
  • Batang yang tersserang penyakit dikupas kulitnya hingga jaringan kayu, lalu dioleskan fungisida BENLATE seminggu sekali
  • Hindari pemangkasan yang terlalu berat
  • Pengapuran pangkal batang
  • Sanitasi terhadap sisa tanaman yang bisa menjadi sumber dari inokulum
  • Menutup bagian tanaman yang terluka dengan Klorox pad asata pemangkasan

Penyakit Jamur Upas

Penyakit mangga ini disebabkan oleh adanya jamur corticium salmonicolor yang memiliki warna putih hingga merah jambu yang mengkilat. Jamur ini mudah sekali berkembang pada saat musim hujan. Gejala yang mudah dikenali adalah terbungkusnya bagian ranting atau cabang dengan jamur upas, sementara bagian atas ranting yang terserang nampak pertumbuhannya tidak sehat.

Cara Pengendalian

  • Mengupas bagian cabang atau ranting yang terserang jamur
  • Potong dan musnahkan ranting tang terserang jamur
  • Sebagai pencegahan, semprotkan fungisida DITHANE, DEROSAL atau DACONIL seminggu sekali.

Penyakit Cendawan Jelaga

Penyakit ini ditimbulkan oleh jamur meliola mangifera, dimana daun mangga yang terserang akan berwarna hitam seperti beledu. Warna hitam pada daun ini disebabkan oleh jamur yang hidup dalam cairan manis.

Cara pengendalian

Semprotkan insektisida / tepung belerang untuk memberantas serangga yang bisa menghasilkan cairan manis, karena cairan tersebut bisa memicu tumbuhnya jamur jelaga ini.

Penyakit Bercak Karat Merah

penyakit mangga bercak karat merah ini timbul dikarenakan adanya ganggang cephaleuros sp. Penyakit ini biasa menyerang bagian daun, bunga, ranting, hingga tunas sehingga akan menimbulkan bercak merah.

Cara Pengendalian

  • Pangkas dahan, cabang, ranting yang terserang
  • Semprotkan fungisida, bubuk bordeaux atau sulfat tembaga

Penyakit Mati Pucuk

Penyebab terjadinya penyakit pucuk ini karena ada jamur Gleosporium mangifera yang menyebabkan bunga jadi layu, buah jadi busuk, dan daun ada bintik-bintik hitam menggulung

Cara Pengendalian

  • Pemangkasan pada bagian tanaman yang terserang
  • Penyemporotan fungisida Bordeaux

Penyakit Kudis Buah Mangga

Penyakit ini disebabkan oleh Elsinoe Mangifera. Penyakit ini menyerang pada bagian tangkai bunga, bunga, danting, dan juga daun. Gejalanya yakni ada bercak kuning yang berubah jadi abu-abu. Pembuahan tidak terjadi lantaran bunga berjatuhan dan rontok.

Cara Pengendalian

  • Semprotkan fungisida Dithane M-45, Manzate atau Pigone seminggu tiga kali
  • Memangkas tangkai bunga dan bagian tanaman yang terserang.

Demikian ulasan dari kami tentang pengendalian 7 penyakit penting pada tanaman mangga, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *