X

Pengertian Unsur Hara

Pengertian Unsur HaraUnsur hara merupakan sumber nutrisi yang dibutuhkan sebuah tanaman, baik unsur hara dari alam (organik) muapun unsur hara yang sengaja ditambahkan. Demi kelangsungan pertumbuhannya, maka tanaman pun tetap memerlukan nutrisi seperti mahkluk hidup yang lainnya.

Unsur hara ini sangat penting karena juga menjadi faktor penentu untuk kualitas tanaman, sepeti pertumbuhan, perkembangan maupun produktifitasnya nanti. Sebenarnya untuk kebutuhan unsur hara tanaman ini sudah disediakan oleh alam, akan tetapi jumlahnya yang terbatas membuat seseorang harus menambahkan agar tanaman bisa tumbuh optimal.

Untuk menunjang pertumbuhannya, sedikitnya ada sekitar 16 jenis unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman, tiga diantaranya tersedia di udara dan juga air, yakni oksigen (02), Hidrogen (H) dan juga Karbon (C). secara garis besar, unsur hara ini dibedakan menjadi 2 jenis, yakni Unsur Hara Makro dan juga Unsur Hara Mikro.

Unsur Hara Makro

Unsur Hara Makro ini merupakan sumber makanan pokok bagi tanaman dan ketersediaannya dibutuhkan dengan jumlah yang sangat banyak. nah untuk unsur hara makro ini banyak sekali tersedia didalam bahan organik maupun pupuk kimia.

Untuk unsur hara organik ini biasanya dapat ditemui pada pupuk kandang atau kotoran hewan, dan sisa pelapulan bahan organik/kompos.  Yang termasuk dalam unsur hara makro diantaranya:

  • Unsur Hara primer: Nitrogen (N), Kalium (K), Fosfor (P)
  • Unsur hara sekunder: Kalsium (Ca), Magnesium (Mg), Sulfur (S)

Unsur Hara Mikro

Unsur hara mikro merupakan unsur hara yang diperlukan oleh tanaman dan jumlah sedikit, meskipun begitu unsur hara mikro ini tetap dibutuhkan oleh tanaman. Hal ini dikarenakan jika tanaman kekurangan salah satu unsur hara maka pertumbuhannya pun tak akan optimal. Berikut yang termasuk dalam unsur hara mikro:

Magnesium (Mo), Seng (Zn), Aluminium (Al), Boron (Bo), Tembaga (Cu), Mangan (Mn), dan Besi (Fe)

Untuk unsur hara mikro ini bisa diperoleh dari bahan organik yan berada didalam tanah maupun dari pupuk buatan.

Demikian ulasan tentang unsur hara mikro dan unsur hara makro, semoga bermanfaat.

wijaya :