Penjelasan Tentang Pupuk Cantik (Pupuk Kalsium Amonium Nitrat), Kandungan Hara Dan Juga Manfaatnya Untuk Tanaman

Penjelasan Tentang Pupuk Cantik (Pupuk Kalsium Amonium Nitrat), Kandungan Hara Dan Juga Manfaatnya Untuk Tanaman – Pupuk Cantik merupakan sejenis pupuk majemuk yang memiliki kandungan kalsium dan nitrogen didalamnya. Pupuk ini juga dikenal sebagai pupuk dengan kalsium bermutu tinggi dan sudah digunakna sejak tahun 1913 diseluruh dunia.

Pupuk Cantik ini bisa diterapkan pada semua jenis tanaman, mulai dari tanaman holtikultura seperti sayuran (cabai, tomat, kol, wortel, brokolo, terong, dll), tanaman pangan (jagung, padi) serta tanaman perkebunan seperti kelapa sawit, kpopi, karet, kakao, dan masih banyak lagi.

Untuk Pupuk Cantik di Indonesia sendiri di produksi oleh PT Basf, dan harga Pupuk Cantik ini cukup mahal. Pupuk Cantik Cap Kuda dihargai Rp 355.000/sak dengan bobot 50 kg. tentu hal ini wajar dengan khasiat kandungan yang ada didalamnya.

Presentase Kandungan Hara Dalam Pupuk Cantik

Pupuk Cantik ini memiliki bentuk berupa butiran granul yang memiliki warna putih susu, memiliki sifat higroskopis dan juga mudah larut dalam air dan juga sangat mudah diserap oleh akar tanaman. Kandungan hara yang terdapat dalam Pupuk Cantik ini adalah Nitrogen (N) dan juga Kalsium (CaO), dengan rincian sebagai berikut:

Nitrogen 27% terdiri: Nitrate 13,5% dan Ammonium 13,5%

Kalsium Dalam Bentuk Kalsium Oksida

Dengan menggunakan Pupuk Cantik ini, maka para petani pun akan lebih mudah dalam melakukan pemupukan pada tanaman. Hal ini dikarenakan dalam satu kali pemupukan maka akan langsung mendapatkan 2 unsur hara sekaligus, yakni Nitrogen dan Kalsium.

Nitrogen memiliki peranan sangat penting dalam pertumbuhan daun dalam proseso fotosintesis, selain itu juga bisa membangun klorofil maupun zat hijau daun sehingga membuat pengolahan makanan tanaman lebih optimal nanti. Nitrogen juga bisa membantu dalam produksi buah nantinya.

Sementara untuk kalsium, memiliki peranan penting dalam regenerasi sel tanaman, selain itu kalsium ini juga bisa meningkatkan kualitas buah dan bisa memperpanjang masa simpan setelah buat dipetik nantinya. Maka dari itu pemberian pupuk kalsium pada tanaman sangat wajib untuk diberikan nantinya.

10 Manfaat Dan Juga Peran Pupuk Cantik Bagi Tanaman

  • Menyediakan unsur calsium yang mudah larut dan diserap oleh akar tanaman
  • Menyediakan unsur nitrogen yang memiliki efek langsung dan juga tahan lama
  • Meningkatkan kekebalan tanaman dari serangan berbagai penyakit
  • Menyuburkan tanah yang memiliki masalah keasaman
  • Mencegah tanaman terinfeksi jamur patogen
  • Mencegah busuk buah akibat infeksi jamur
  • Mencegah pecah buah dan memperkeras kulit buah
  • Meningkatkan produksi dan kualitas buah
  • Mencegah bunga dan juga buah rontok
  • Mempercepat pertumbuhan akar tanaman

Cara Menggunakan Pupuk Cantik

Untuk Pupuk dasar

Taburkan Pupuk Cantik ini secara merata pada bedengan seperti penaburan pupuk pada umumnya. Lalu aduk rata dengan tanah atau tutup bedengan dengan tanah agar pupuk tidak menguap dan hanyut saat musim hujan nanti. Taburkan Pupuk Cantik ini 7-10 hari sebelum penanaman bibit.

Untuk Pupuk Susulan

Pengguaaan Pupuk Cantik ini untuk pupuk susulan bisa menggunakna 2 metode, yakni dokocorkan atau ditaburkan:

Untuk contoh kali ini kamu mengocor tanaman gambar yang berumur 10 hari setelah tanam, untuk dosisnya 3 kg Pupuk Cantik/800 tanaman. 3kg Pupuk Cantik ini dilarutkan dengan 400 liter air, lalu dikocro sekitar 500ml per tanaman. Untuk dosis ini disesuaikan dengan usia tanaman

Ditaburkan disekeliling batang tanaman, jaraknya sekitar 10-15 cm dari batang. Lalu tutup pupuk dengan tanah. Dosis sesuaikan dengan usia tanaman.

Demikian informasi dari kami tentang Pupuk Cantik (Pupuk Kalsium Amonium Nitrat), kandungan hara dan juga manfaatnya untuk tanaman, semoga bermanfaat.

You may also like...

%d bloggers like this: