Resep Tradisional Obat Sakit Pinggang yang Bisa Anda Coba Dirumah

Resep Tradisional Obat Sakit Pinggang  – Selain pegal linu ternyata ada satu penyakit yang sering diderita oleh orang dewasa yaitu sakit pinggang. Gejala sakit pinggang memang tidak berbeda jauh dengan pegal linu. Yang membedakan penyakit ini dengan pegal linu adalah daerah yang diserang.

Ya, penyakit sakit pinggang biasanya menyerang sekitar tulang lumbar yaitu tulang yang ada di antara jaringan oto, cakram dan saraf tulang. Mayoritas penderita sakit pinggang ini adalah orang dewasa yang sudainya 30 tahun keatas.

Resep Tradisional Obat Sakit Pinggang yang Bisa Anda Coba Dirumah Obat Sakit Pinggang Resep Tradisional Obat Sakit Pinggang yang Bisa Anda Coba Dirumah Resep Tradisional Obat Sakit Pinggang

Jika kita melihat orang dewasa yang mengeluh nyeri dibagian pinggang itu artinya ia terserang penyakit sakit pinggang atau lumbago. Sakit pinggang biasanya terjadi lantaran mengangkat beban yang terlalu berat, terlalu lama duduk, sering melakukan kerja berat dan lain sebagainya.

Di jaman modern seperti saat ini rupanya banyak orang yang memilih untuk mengkonsumsi obat kimia. Perlu anda ketahui jika terlalu sering mengkonsumsi obat kimia tidak baik bagi kesehatan. Untuk mengurangi kebiasaan tersebut anda bisa mencoba untuk membuat obat tradisional sendiri.

Nah untuk anda yang tidak tahu bahan apa saja yang digunakan tidak perlu khawatir ya. Sebab kali ini kami akan berbagai informasi menarik seputar resep tradisional obat sakit pinggang. Kira-kira apa saja bahan yang perlu dipersiapkan? Yuk simak ulasan berikut ini.

Resep Pertama

Resep tradisional obat sakit pinggang yang pertama adalah menggunakan jahe. Sejak jaman nenek moyang rupanya jahe sudah banyak digunakan sebagai obat tradisional salah satunya untuk mengobati sakit pinggang.

Siapkan 8 ruas jahe sebesar ibu jari dan asam jawa secukupnya. Setelah itu haluskan jahe dan campur dengan asam jawa. Jika semua bahan sudah tercampuroleskan ramuan ke pinggang atau badan yang terasa sakit.

Resep Kedua

Berikutnya adalah menggunakan biji blustru yang sudah tua. Sangrai biji blustru hingga kecoklatan. Lalu giling sampai berubah menjadi bubuk. Jika sudah halus maka anda bisa menyeduh bubuk biji blustru sebanyak 10 gram dengan ½ sloki arak.

Tunggu sampai mengendap setelah itu anda bisa meminum airnya dan mengoleskan hasil endapan tadi ke pinggang.

Resep Ketiga

Resep tradisional obat sakit pinggah selanjutnya adalah menggunakan daun pinang dan minyak kelapa secukupnya. Langkah pertama adalah tumbuh daun pinang hingga halus setelah itu tuangkan minyak kelapa.

Panaskan diatas kompor sambil terus di aduk-aduk. Selagi ramuan masih hangat maka anda bisa mengoleskannya ke pinggang.

Resep Keempat

Tidak hanyabuahnya saja ternyata daun sirsak juga bisa dimanfaatkan sebagai obat sakit pinggang. Siapkan 20 lembar daun sirsak dan 1 liter air. Cuci daun sirsak hingga bersih kemudian rebus daun sirsak.

Tunggu beberapa saat samai air rebusan tadi tersisa 600 ml. Selagi masih hangat minum air rebusan daun sirsak tadi. Untuk hasil yang maksimal anda bisa mengkonsumsi air rebusan sirsak ini sebanyak ¾ gelas 1 kali sehari.

Resep Kelima

Tanaman sangketan ternyata juga bisa dijadikan obat sakit pinggang. Caranya sangat mudah siapkan 30 gram tanaman sangketan (gunakan semua bagin tanaman). Setelah itu cuci bersih tanaman sangketan.

Lalu potong kecil-kecil dan rebus dalam wadah/panci yang sudah diisi 600 ml air. Tunggu sampai jumlah air dalam panci tersebut tersisa 200 ml. Jika sudah saring dan minum selagi masih hangat.

Resep Keenam

Resep obat sakit pinggang selanjutnya menggunakan rempah-rempah seperti temulawak, kunyit dan tambahan daun kumis kucing. Siapkan 1 ruas temulawak dan kunyit kemudian ambil 1 genggam daun kumis kucing.

Masukkan semua bahan tadi kedalam wadah yang sudah diisi dengan 5 gelas air. Tunggu hingga mendidih, jika warnanya sudah mulai berubah kecoklatan tuangkan ramuan kedalam gelas dan siap untuk di minum.

Demikian informasi tentang Resep Tradisional Obat Sakit Pinggang yang bisa kami sampai kali ini. Semoga informasi tadi bermanfaat untuk anda semua. Selamat mencoba.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: