Teknik Pembibitan Stek Lada Satu Ruas

Teknik Pembibitan Stek Lada Satu RuasPasti anda sudah tahu tentang jenis rempah satu ini yaitu Lada. Dimana Lada ini merupakan penghasil devisa yang sudah banyak dibudidayakan di Tanah Air. Tanaman lada ini juga bisa diperbanyak secara vegetative atau generatif.

Tetapi dalam usaha membudidayakan lada maka diperbanyak efisien yang telah dilakukan dengan vegetative yang terdapat salur gantung, jambangan maupun salur tanah. Pada umumnya cara atau teknik stek lada akan membutuhkan bahan tanaman yang cukup banyak. Namun, secara ekonomis, stek lada yang memiliki banyak ruas tak akan efisien.

Teknik Pembibitan Stek Lada Satu Ruas Pembibitan Stek Lada Teknik Pembibitan Stek Lada Satu Ruas Teknik Pembibitan Stek Lada Satu Ruas

Untuk usaha budidaya lada yang memiliki tingkat efisiensi, ramah dengan lingkungan dan juga adanya kelanjutan yang sangat dibutuhkan bibit yang bermutu. Dalam memperoleh bibit yang bermutu bisa dilakukan dengan teknologi pembibitan lada satu ruas tersebut.

Pada teknologi ini bisa menghemat bahan tanaman dan juga mengurangi kematian tumbuhan dari 30% menjadi 10%. Ada 3 step dalam pembibitan lada satu ruas diantaranya yaitu :

Cara Pengambilan Stek Lada Satu Ruas

Saat pengambilan stek dari pohon induk yang bebas dari penyakit dan sehat, menggunakan pohon induk yang sudah berumur 2 tahun dan sudah dipangkas 2 kali pada umur 8-10 bulan pertama dan 18-20 di bulan kedua pemangkasan.

Stek lada yang sudah diambil dari cabang panjat serta tumbuh keatas dan akan melekat pada tiang panjat tersebut. Setelah itu stek yang baru diambil harus sudah berkayu, berdaun hijau tua serta tak ada gejala abnormal, sedangkan pada saat waktu pengambilan stek dilakukan pada pagi hari pukul 06.00 sampai 10.00 atau sore hari pukul 17.00.

Cara Penyemaian Stek Lada Satu Ruas

Untuk membuat bedengan yang memiliki ukuran telah disesuaikan kebutuhan, media semai yang bagus merupakan tanah gembur serta subur serta berdrainase baik. Stek satu ruas ini telah ditanam miring jadi mata serta daun akan terletak diatas tanah.

Jarak antara stek kurang lebih 5cm dalam bentuk larikan, pada persemaian telah diberi naungan serta disungup dengan plastic bening, usai itu 3 atau 4 minggu biasanya stek lada satu ruas ini sudah berakat lalu bisa anda pindah ke polybag pada saat pembibitan.

Cara Pembibitan Stek Lada Satu Ruas

Inilah cara stek lada satu ruas dipindahkan ke polybag pada semai usai banyak akaranya dengan umur 3-4 minggu selesai semai, bisa anda siapkan media pembibitan dengan campuran tanah serta pupuk kandang dengan adanya perbandingan 1 : 1.

Setelah itu anda bisa masukkan media kedalam polybag yang memiliki ukuran 10 x 15 cm, polybag telah tersusun rapat, untuk bibit yang berada di dalam barisan diberi jarak 10 cm serta jarak antar barisan yang bisa disesuaikan.

Siram bibit secukupnya, karena bibit lada satu ruas ini tidak suka dengan tanah yang memiliki kelembaban atau terlalu basah, usai itu anda bisa semprotkan pupuk daun setiap 1 minggu sekali bila sangat diperlukan.

Demikian informasi tentang Teknik atau cara pembibitan Stek Lada Satu Ruas dengan mudah dan cepat, anda bisa memperhatikan setiap stepnya untuk mempraktekan sendiri, atau anda yang suka membudidayakan tumbuhan bisa mencontoh tanaman lada ini untuk penghasilan yang cukup menjanjikan. Semoga informasi kali ini bermanfaat untuk anda sebagai petani maupun bukan petani, bisa juga untuk fefrensi dalam pembibitan yang ingin anda lakukan di sekitar lingkungan anda.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: