X

Tipe Tanaman Tomat Berdasarkan Pertumbuhannya

Tipe Tanaman Tomat Berdasarkan PertumbuhannyaTomat merupakan sejenis tanaman holtikultira dari keluarga Solanaceae. Tomat ini merupakan tanaman asli yang berasal dari Amerika Tengah dan juga Selatan, Meksiko hingga Peru. Tomat termasuk dalam tanaman atau tumbuhan yang memiliki siklus hidup pendek, untuk tingginya bisa mencapai 1-3 meter, tergantung kondisi tomat tersebut.

Di Indonesia sendiri, tanaman tomat ini menjadi salah tanaman budidaya favorit para petani selain cabe. Harganya yang relatif stabil , produktifitas tinggi, dan juga mudah dalam pemasaran menjadi salah satu alasan utama para petani ini.

Berdasarkan tipe dan ketinggian pohonnya, tomat ini dibedakan menjadi 3 jenis, diantaranya sebagai berikut:

Tipe Determinate

Untuk tomat jenis ini pertumbuhanya diakhir dengan rangkain bunga atau buah, dengan begini maka tanaman ini tidak bsa bertumbuh lagi nantinya. Ketinggian tanaman tomat type ini sekitar 50-80 cm, dan usia pennya relatif pendek. Jika ingin membuat tanaman tumbuh tinggi, maka disarankan tidak memotong tunas yang tumbuh pada bagian ketiak terlalu dini.

Tipe indeterminate

Untuk jenis tanaman ini merupakan kebalikan dari tomat determinate, dimana pada pertumbuhanya tidak diakhiri denahan tumbuhnya bunga. Untuk usia panen relatif lama, serta pertumbuhan batang relatif lambat. Ketinggian pohonnya bisa mencapai 160 cm hingga 2 meter.

Tipe semi indeterminate

Tanaman ini merupakan hasil kawin silang dari tomat indeteminate dan determinate. Maka dari itu tomat ini akan menghasilkan tomat varietas hibrida yang memiliki sifat dari kedua indukannya itu.

Type pertumbuhan dan contoh produk

No Tipe pertumbuhan Contoh produk Rekomendasi habitat
1 Determinate Himalaya-Royal-Tombatu-Ratna-Permata-Monica-Lentana-Karunia-Tyrana-Destine-Tymoti-Santika-Revo Rata-rata digunakan untuk daerah dataran rendah hingga menengah, kecuali dataran tinggi
2 Semi Determinate Victory-Fortuna-Lady-Fortuna 23-Royal 58 Untuk tipe ini cocok digunakan utnukd ataran rendah hingga menengah, hingga dataran tinggi
3 Indeterminate Larisa-Fantasi-Sweety-Cosmonot-Idola-Kharisma-Prestise-Warani-Sakura-Montera-Marta-Ovation-Synergi-Oscar-Amelia-Mio-Chung Rata-rata cocok digunakan untuk dataran menengah hingga tinggi

Jika dilihat dari penampiln, bentuk, dan jaug ukuran tomat, maka tomat ini dikelompokan menjadi beberap bagian, diantaranya:

Tomat granola: jenis tomat ini memiliki bentuk bulat dan pada bagian pangkal buahnya memiliki bentuk mendatar dan mencakup. Jenis tomat ini biasa dikenal sebagai tomat buah karena bisa dimakan langsung

Tomat gondol: untuk tomat ini seringkali dimanfaatkan dalam pembuatan saus tomat dan memiliki bentuk lonjong oval.

Tomat sayur: untuk jenis tomat sayur ini memiliki ciri khas buahnya yang padat dan biasanya diolah pada sebuah makanan

Tomat ceri: jenis tomat yang memiliki ukuran kecil dan tersusun dengan brangkau pada tangkai buah, untuk panjang jenis toat ini mirip dengan buah ceri.

Demikian infromasi dari kami tentang tipe tanaman tomat berdasarkan pertumbuhannya, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.

wijaya :