Tips Budidaya Ikan Nila Agar Tumbuh Besar dan Cepat Panen

Tips Budidaya Ikan Nila Agar Tumbuh Besar dan Cepat Panen  – Ikan Nila merupakan salah satu ikan air tawar yang digemari oleh banyak orang khususnya pecinta kuliner. Melihat peluang tersebut membuat beberapa orang tergerak untuk membudidaya ikan Nila. Seperti yang diketahui jika sampai saat ini peluang bisnis budidaya ikan nila masih sangat menjanjikan.

Bahkan hampir setiap tahunnya permintaan ikan nila terus mengalami peningkatan. Nah, kali ini kami mempunyai tips budidaya ikan nila supaya tumbuh besar dan cepat panen. Apa saja itu?

Tips Budidaya Ikan Nila Agar Tumbuh Besar dan Cepat Panen  budidaya ikan nila Tips Budidaya Ikan Nila Agar Tumbuh Besar dan Cepat Panen Tips Budidaya Ikan Nila Agar Tumbuh Besar dan Cepat Panen

Ternyata budidaya Ikan Nila tidaklah terlalu sulit. Pembudidayaan ikan yang masih satu kerabat dengan mujaer ini tergolong mudah selain itu perkembangbiakannya juga sangat cepat dan tahan terhadap gangguan hama sekaligus penyakit.

Selain bisa dipelihara di kolam tanah ternyata ikan nila juga bisa di pelihara di keramba (jaring apung), tambak, sawah (mina padi) sampai kolam yang mempunyai aliran air cukup deras. Sebelum kita membahas tentang tips menarik tenang budidaya ikan nila ada baiknya kita mengetahui jika ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi lama tidaknya waktu pemeliharaan seperti : jenis ikan nila yang dibudidayakan, jenis kelamin benih ikan, kualitas benih, kolam pemeliharaan, kualitas air dan yang terakhir adalah kualitas apakan.

Tips Budidaya Ikan Nila

#Gunakan Ikan Nila Jenis Unggul

Untuk Tips Budidaya Ikan Nila yang pertama ialah pemilihan ikan Nila jenis unggul. Jenis ikan nila unggul antara lain : Nirwana, Jatimbulan, JICA, Gesit, Larasati, Sultana, Pandu, Nilasa, Anjani, Srikandi Nirwana II, Kunti dan nila GIFT (Genetic Improvement for Farmed Tilapia). Dari sekian banyaknya jenis unggul tersebut rupanya ikan nila jenis GIFT yang paling digemari.

Hal ini dikarenakan ikan jenis tersebut telah terbukti lebih unggul dalam hal pertumbuhan dan produktivitas jika dibandingkan dengan ikan nila jenis yang lain.

#Pembudidayaan Ikan Nila Dilakukan dengan Cara Monosex

Monosex atau berkelaminan bersama dianggap lebih efektif ketimbang melakukan budidaya secara pencampuran jantan dan betina. Hal ini dikarenakan ikan nila mudah sekali melakukan perkawinan. Sehingga jika kita melakukan budidaya secara campuran maka energi si;4E7jn‰tE:@e,,

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: