Tips dan Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal Lebih Mudah

Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal – Ikan lele merupakan jenis ikan tawar yang sangat sering di budidayakan dan tergolong paling banyak diternak oleh masyarakat. Selain diternak atau budidaya maka ikan lele juga sebagai salah satu santapan paling sering dijumpai setiap warung.

Kenapa banyak orang yang suka dengan budidaya ikan lele? Karena disamping pertumbuhannya cepat maka mudah juga untuk beradaptasi dengan lingkungan yang buruk. Semisal ikan lele dapat hidup dalam air keadaan rendah akan oksigen, selain itu rasa dagingnya lezat serta memiliki kandungan gizi yang tinggi.

Tips dan Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal Lebih Mudah Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal Tips dan Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal Lebih Mudah Tips dan Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal Lebih Mudah

Dalam membudidaya ikan lele juga bisa anda lakukan pada kolam tanah, kolam terpal, kolam betyon dan ada juga yang diternak dalam drum. Meskipun beberapa cara bisa dilakukan untuk budidayanya, namun yang paling efisien adalah kolam terpal yang sudah dibuktikan memiliki keunggulan.

Keunggulan Budidaya Ikan Lele pada Kolam Terpal

  • Ternak ikan lele dalam kolam terpal bisa dilakukan dimana saja.
  • Kolam terpal ini telah dibuat diatas permukaan tanah jadi aman dari banjir.
  • Lebih simpelnya bahwa dengan cara ini maka bisa dilakukan pada lahan yang sempit semisal halaman rumah.
  • Selain itu juga sangat mudah untuk mengatur volume air dan bisa disesuaikan dengan usia ikan lele tersebut.
  • Panen ikan lele dalam kolam terpal cukup mudah, keadaan kolam juga mudah dikontrol.
  • Aman dari hewan pemangsa, dalam kolam terpal ini maka hasil ikan lele lebih bersih dan juga berkualitas.
  • Lahan yang telah digunakan tak bisa berubah, biaya ternak ikan lele ini maka lebih murah.

Pembuatan Kolam Terpal Budidaya Ikan Lele

  1. Pertama, tentukan lokasi untuk tempatkan kolam terpal
  2. Kedua, siapkan terpal dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan anda bisa kecil atau besar, serta perhatikan volume Ikan Lele yang akan ditampung. Missal untuk 1000 ekor ikan lele maka membutuhkan 2,5 x 1 x 1` untuk Panjang, lebar dan tingginya.
  3. Ketiga, buatlah rangka kolam bisa menggunakan kayu, bamboo atau besi dan hal ini juga disesuaikan dengan terpal yang akan digunakan.
  4. Keempat, setelah semua selesai maka masukkan terpal dalam kerangka tersebut.
  5. Kelima, perlu anda perhatikan bahwa dibagian tepi terpal harus diikat atau dipaku dikaitkan pada rangka supaya tak bisa lepas.
  6. Keenam, pada saat pemasangan terpal maka harus hari-hari supaya tidak bocor.
  7. Ketujuh, kemudian pastikan bahwa kolam terpal tidak miring
  8. Kedelapan, usai itu kolam bisa anda isi air yang sesai dengan kebutuhan lele tersebut.
  9. Kesembilan, bila anda menggunakan air PAM maka endapkan dulu kurang lebih 3-4 hari sebelum anda masukkan benih ikan lele, hal ini gunakanya supaya kaporit menguap.

Menebarkan Benih Ikan Lele di Kolam Terpal Supaya Tidak Stres

Harus anda ketahui bahwa benih ikan lele tak bisa langsung dimasukkan dalam kolam, namun harus ada penyesuaikan lebih dulu pada air kolam tersebut. Bila anda secara langsung masukkan benih ikan lele kedalam kolam maka bisa mengakibatkan ikan lele stres dan mati. Adapun cara untuk penyesuaiakn menebarkan benih ikan lele pada kolam terpal sebagai berikut:

  1. Persiapkan bak atau wadah terlebih dulu
  2. Setelah itu masukkan air kolam dalam bak/wadah tersebut
  3. Tebarkan benih ikan lele pada wadah
  4. Kemudian diamkan kurang lebih 30 menit saja, supaya benih ikan lele ini bisa melakukan penyesuaian dengan air yang sudah diisikan dalam kolam terpal.

Kapan penebaran benih ikan lele yang baik? Sebaiknya anda tebarkan benih ikan lele pada pagi atau malam hari dengan keadaan air yang cukup stabil.

Lalu bisa anda lakukan dengan penyortitan atau pemilihan benihj ikan lele dari ukuran kecil atau besar. Dimana benih ikan lele yang kecil maka akan kalah saing pada saat kedapatan makanan dengan benih yang lebih besar.

Selain itu anda juga bisa melakukan pengaturan air, pakan ikan, pengendalian hama, dan juga panen dalam budidaya ikan lele di kolam terpal tersebut. Itulah beberapa cara yang bisa anda praktekkan sendiri.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: