Tips dan Cara Menanam Anggrek dengan Mudah

Cara Menanam Anggrek – Bunga Anggrek memang menjadi primadona tersendiri bagi pecinta bunga. Bunga yang memiliki nama latin Orchidaceae ini memang sudah terkenal sampai kebelahan dunia. Pastinya hal ini dikarenakan bunga Anggrek memiliki banyak jenis, bentuk dan juga warna.

Beberapa bunga Anggrek yang cukup populer diantaranya adalah Anggrek Catteleya, Anggrek Oncidium, Anggrek Phalaenopsis, Anggrek Spathipyllum, Anggrek Vanda dan masih banyak lainnya.

Tips dan Cara Menanam Anggrek dengan Mudah Cara Menanam Anggrek Tips dan Cara Menanam Anggrek dengan Mudah Tips dan Cara Menanam Anggrek dengan Mudah

Sebagai bunga dengan penampilan menarik wajar saja jika bunga Anggrek dilirik oleh banyak orang. Kebanyakan dari mereka memilih bunga Anggrek untuk mempercantik rumah.

Hampir setiap tahunnya pecinta bunga Anggrek selalu meningkat. Sementara untuk budidaya bunga Anggrek sendiri tergolong gampang-gampang susah.  Kebanyakan pengkoleksi bunga Anggrek memilih menggunakan pot sebagai media pertumbuhan Anggrek.

Namun sayangnya ada sebagian dari mereka yang malah mengeluhkan jika menanam Anggrek dalam pot malah membuat pertumbuhan si Anggrek ini menjadi terhambat. Kejadian seperti itu disebabkan karena beberapa dari mereka kurang memahami cara menanam Anggrek dalam pot yang baik dan benar.

Lantas bagaimana sih cara menanam Anggrek yang benar? Untuk lebih jelasnya mari simak ulasan dibawah ini.

Memilih Bibit Anggrek yang Bagus

Memilih bibit dengan kualitas bagus merupakan salah satu hal terpenting dalam proses cara menanam Anggrek.  Untuk mendapatkan bibit Anggrek dengan kualitas bagus kamu bisa datang langsung ke penjual tanaman hias.

Mempersiapkan Lahan

Jika sudah mendapatkan bibit langkah berikutnya yang harus kalian lakukan adalah menyediakan tempat/lahan yang akan digunakan untuk penanaman bunga Anggrek.  Jika kamu memilih untuk menanam dalam pot isi pot tersebut dengan campuran tanah, pupuk kandang yang sudah difermentasi, kulit kelapa, arang, pecahan genting atau kamu juga bisa menggunakan pecahan batubata.

Penggunaan batu bata dalam penanaman bunga Anggrek ternyata bertujuan supaya pada saat penyiraman air tidak tergenang di bagian bawah pot. Genangan air pada bagian dasar pot ternyata bisa merusak akar bunga Anggrek.

Susun semua bahan tersebut dengan urutan batu bata di bagian paling bawah, kemudian batok dan sabut kelapa, setelah itu diatasnya taruh tanah yang sudah dicapur dengan pupuk kandang.

Tahapan Cara Menanam Anggrek

Setelah bibit, dan pot sudah siap langkah selanjutnya adalah memindahkan bibit bunga Anggrek kedalam pot yang sudah diisi dengan bahan yang saya sebutkan tadi. Jika sudah maka tutup menggunakan abu sampai ujung batang Anggrek. Jika sudah ditanam siram bunga Anggrek menggunakan air.

Cara menanam bunga Anggrek dalam pot merupakan salah satu cara yang paling mudah jika dibandingkan dengan cara yang lainnya. Yang menjadi kunci keberhasilan penanaman Anggrek hanya terletak pada ilmu yang kita miliki dan penyiraman yang teratur.

Seperti yang diketahui jika bunga Anggrek menyukai kondisi tanah yang lembab. Akan tetapi proses penyiramannya sendiri tidak bisa dilakukan secara langsung. Jika penyemprotan dilakukan secara langsung maka hal tersebut bisa merusak kuncup bunga Anggrek yang belum mekar.

Lantas bagaimana cara menjaga kelembaban bunga Anggrek? Caranya sangat mudah kamu hanya perlu menyemprot area tanah secukupnya. Pastikan air tersebut tidak mengenai kuncup bunga Anggrek.

Untuk hasil yang baik lakukan penyiraman setiap pagi. Hhal ini bertujuan supaya bunga Anggrek tidak layu.

Demikianlah informasi tentang cara menanam anggrek yang bisa kami bagikan kali ini. Semoga infromasi tadi menambah pengetahuan anda tentang bunga Anggrek. Terima kasih telah berkunjung ke laman kami selamat mencoba semoga berhasil…

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: