Tips dan Cara Menanam Bayam Secara Sederhana

Cara Menanam Bayam  – Bayam, pastinya anda semua sudah tahu sayuran yang satu ini. Sering kali kita menikmati bayam dengan cara yang berbeda-beda mulai dari di jadikan sayur bening sampai di keripik. Meski bisa diolah menjadi aneka macam masakan rupanya hal tersebut tidak mengurangi kandungan gizi dalam bayam.

Seperti yang telah diketahui jika bayam memiliki kandungan zat bezi atau b12 yang sangat besar. Bahkan untuk mereka yang mengidap anemia atau kekurangan sel darah merah disarankan untuk banyak-banyak mengkonsumsi bayam.

Tips dan Cara Menanam Bayam Secara Sederhana Cara Menanam Bayam Tips dan Cara Menanam Bayam Secara Sederhana Tips dan Cara Menanam Bayam Secara Sederhana

Berbicara tentang bayam ada baiknya jika kita juga tahu cara menanam bayam yang baik dan benar. Jadi kita tidak hanya tahu makannya saja hehehe.

Sebelum mengetahui bagaimana cara menanam bayam perlu kamu ketahui jika ada dua jenis bayam yaitu bayam cabut dan bayam tahun. untuk bayam cabut sendiri memiliki ciri-ciri berupa warna kemerahan di bagian batang, bentuk daun yang kecil dan  terdapat bunga kecil pada setiap cabangnya.

Sementara untuk bayam tahunan memiliki bentuk yang mudah sekali dikenali mulai dari bentuk daun yang lebih besar, warna hijau pekat dan terdapat bunga di bagian ujung batang.

Cara Menanam Bayam

Penentuan lokasi

Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum menanam bayam adalah menentukan lokasi dimana kamu akan menanamnya. Pastikan lokasi tersebut memiliki tekstur tanah yang baik seperti tanah gembur, mempunyai banyak kandungan unsur hara, ph sekitar 6-7 dan mempunyai ketersediaan air tanah yang cukup.

Pemilihan benih

Dalam pemilihan benih ini kamu harus terliti. Pastikan benih yang kamu pilih mempunyai kualitas bagus. Hal tersebut bertujuan supaya hasil panennya nanti sesuai dengan harapan.

Penyemaian benih

Cara menanam bayam berikutnya adalah menanam menyemai benih sebelum di tanam. Untuk penyemainnya sendiri tidak bisa dilakukan sembarang. Cara penyemaian bisa kamu lakukan sesuai dengan langkah berikut ini :

  1. Lahan yang akan digunakan harus terbebas dari hama
  2. Buat atap dari plastic atau jerami
  3. Sebar bibit yang telah disediakan setelah itu tutup bibit dengan tanah setebal 2 cm
  4. Siram bibit setiap pagi dan sore
  5. Setelah bibir berusia 1-2 minggu pindahkan bibit bayam kedalam pot yang telah diidi dengan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk organik. Untuk percampuran itu sendiri dilakukan dengan perbandingan 1:1.
  6. Siram bibit bayam secara teratur.

Persiapan Lahan

Bajak tanah untuk menggemburkan lahan. Kemudian beri pupuk kandang dengan takaran 10 ton/hektar dan diamkan selama sepekan. Lalu buat bedengan dengan ukuran 50×150 cm. Jarang antara bedengan satu dengan yang lainnya sekitar 30 cm. Setelah itu buat lubang tanam di bedengan dengan jarak sekitar setengah meter antar lubang satu dengan lubang lainnya.

Cara Menanam Bayam

Setelah bibit bayam dan lahan siap langkah berikutnya adalah memindahkan bibit dari pot ke lubang tanam di bedeng. Jika sudah tutup lubang tersebut menggunakan tanah sampai pangkal batang. Selanjutnya adalah tahap penyulaman dalam tahap ini baru bisa dilakukan jika tanaman bayam sudah berusia 7 hari sejak bibit dipindahkan ke dalam lubang tanam di bedengan.

Agar tanaman bayam terbebas dari serangan hama anda bisa melakukan penyiangan. Dari serangkai cara menanam bayam hal yang paling penting adalah pemberian pupuh yang berguna untuk memenuhi kebutuhan nutrisi . Dan yang tak boleh ketinggalan adalah pengarian yang harus dilakukan secara rutin. Untuk proses panennya baru dilakukan setelah tanaman bayam berusia 30 hari.

Itulah informasi mengenai cara menanam bayam. Semoga ulasan tadi bermanfaat untuk anda semua. Selamat mencoba…

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: