Tips Dan Cara Menanam Jahe Dengan Baik

Cara Menanam Jahe – Jahe merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, maka dari itu wajar sekali jika tanaman ini kerap kali dijadikan jamu. Selain itu , jahe ini juga kerap kali dijadikan sebagai penyedap masakan karena aromanya yang begitu khas.

Banyak sekali manfaat dari tanaman jahe ini, salah satu contohnya yang instant adalah bisa memberikan rasa hangat dan mengurangi demam. Nah pada kesempatan kali ini kami ingin membahas artikel tentang cara menanam jahe kepada anda semua. selain menguntungkan dalam segi ekonomi, dengan memiliki tanaman jahe sendiri maka kita tak perlu bingung lagi saat membuat jamu maupun masakan yang menggunakan tanaman ini.

Tips Dan Cara Menanam Jahe Dengan Baik Cara Menanam Jahe Tips Dan Cara Menanam Jahe Dengan Baik Tips Dan Cara Menanam Jahe Dengan Baik

Untuk cara menanam jahe ini memang dibutuhkan beberapa step dan juga peralatan, namun keuntunganya kita tak memerlukan lokasi dan juga media tanam berupa perkebunan dengan ukuran yang sangat luas.

Dengan menanam jahe ini memiliki banyak sekali kelebihan bagi para petaninya, dan salah satunya ialah untuk perawatan tanaman yang satu ini memang tidak ribet. Maka dari itu banyak sekali orang yang tertarik untuk menanam jahe ini dipekarangan miliknya.

Sebelum menanam jahe dilahan yang kita miliki, dibutuhkan terlebih dahulu bibit yang akan kita budidayakan. Caranya membuat bibit ini, silahkan mengambil satu tanaman jahe lalu simpan pada tempat yang lembab hingga mengeluarkan tunas.

Cara menanam jahe selanjutnya, silahkan anda potong-potong tunas tadi dan rendam di agrimicin selama 8 jam. Lalu untuk media tanamnya sendiri anda kita memerlukan polybag, arang sekam, dan juga tanah humus. Jika semua peralatan sudah siap maka proses awal yang harus kita lakukan adalah mempersiapkan media tanam dari jahe tersebut.

untuk membuat media tanamanya, silahkan campur semua bahan terlebih dahulu, diantaranya tanah humus, arang sekam, dan juga pupuk kandang secara merata. Untuk perbandinganya 3:1:1 (tanah humus : arang sekam : pupuk). Jika semuanya sudah tercampur merata, maka silahkan masuk media tanam kedalam polybag hingga 3/4 bagiannya.

Jika sudah siap semua, selanjutnya silahkan anda masukkan bibit tanaman jahe tadi ke media tanam tersebut. tahap penanaman sudah selesai, kini selanjutnya kita masuk dalam tahap perawatan, namun anda tak perlu khawatir karena perawatan tanaman ini sangatlah mudah.

Pada minggu pertama, anda hanya harus rutin melakukan penyiraman agar nantinya tanaman bisa tumbuh dengan baik. Saat tanaman jahe nampak muali besar, maka bisa sedikit mengurangi penyiraman, kini saatnya anda memberikan pupuk pada tanaman ini. tak hanya itu saja, and ajuga harus merawat tanaman jahe dari gangguan hama yang bisa merusaknya nanti. Yang paling penting, hindari pemberian air yang berlebih saat tanaman sudah mulai besar, karena bisa merusak rimpang jahe nantinya.

Untuk cara menanam jahe ini memang tidak sulit kok, hal ini karena jahe merupakan sejenis tanaman yang cukup mudah untuk hidup dan lebih kebal dari serangan penyakit. Dan tanaman jahe ini sudah bisa anda panen saat usianya sudah 8 bulan nanti. Anda juga tak perlu khawatir bakal kehabisan tanaman jahe karena terlalu sering diambili, pasalnya tunas jahe ini bakal terus tumbuh.

Dengan begini maka anda tak perlu melakukan penanaman dari awal lagi nanti. jadi anda hanya perlu bersabar untuk meunggunya menjadi besar untuk memanennya kembali. Menanam jahe menjadi salah satu hal yang menyenangkan, selain perawatannya yang mudah, banyak yang memanfaatkan jahe ini sebagai campuran makanan maupun jamu nanti.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: