Tips dan Cara Menanam Kacang Hijau Yang Perlu Kita Pelajari

Cara Menanam Kacang Hijau – Tanaman kacang-kacangan merupakan salah satu sumber pangan bagi masyakarakat Indonesia. Selain harganya yang terjangkau kandungan nutrisi dalam kacang juga baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu kacang yang sangat populer dikalangan masyarakat adalah Kacang Hijau.

Berbagai olahan kacang hijau bisa kita nikmati dalam sajian apa saja mulai dari dijadikan bubur, isian onde-onde, isian bakpia dan masih banyak lainnya.

Tips dan Cara Menanam Kacang Hijau Yang Perlu Kita Pelajari Cara Menanam Kacang Hijau Tips dan Cara Menanam Kacang Hijau Yang Perlu Kita Pelajari Tips dan Cara Menanam Kacang Hijau Yang Perlu Kita Pelajari

Untuk penanamannya sendiri cara menanam Kacang Hijau tidak berbeda jauh dengan budidaya tanaman kacang lainnya. Sebelum membahas tentang cara menanam Kacang Hijau ada baiknya jika kita mengetahui lebih lanjut terkaut habitat sekaligus sifat pertumbuhan Kacang Hijau.

Daerah tropis seperti Indonesia ini rupanya sangat cocok dijadikan lahan budidaya Kacang Hijau. Sementara untuk keasaman tanahnya sendiri sebaiknya kamu menggunakan tanah yang mempunyai pH sekitar 5-6.

Pada umumnya tumbuhan Kacang Hijau lebih suka dengan kondisi tanah yang gembur dan mengandung banyak unsur haranya. Kamu juga bisa menggunakan lahan bekas menanam padi.

Cara Menanam Kacang Hijau yang Baiik

Persiapan Lahan

Untukmenghasilkan kondisi tanah yang bagus bisa dilakukan dengan pembajkan setelah itu diberi pupuk kandang untuk meningkatkan nutrisi dalam tanah. Diamkan selama 1 pekan supaya pupuk benar-benar terserap kedalam tanah.

Cara menanam kacang hijau selanjutnya adalah membuat bedengan dan setelah itu membuat lubang tanam dengan jarak antar lubang sekitar 20 cm sebanyak 3 lubang. Dimana satu lubang digunakan untuk benih kacang hijau dan dua lainnya untuk pupuk.

Penyemaian

Cara penyemaian benih kacang hijau bisa dilakukan dengan cara membasahi benih kacang hijau menggunakan air. Jika sudah tirskan dan angin-anginkan selama kurang lebih 4 jam lamanya hingga tumbuh kecambah.

Penanaman

Untuk proses penanaman sendiri baru bisa dilakukan jika benih kacang hijau sudah berkecambah. Dalam satu lubang beri 2 kecambah kacang hijau. Jangan lupa untuk masukkan pupuk di dua lubang lainnya. Proses penanaman seperti ini berguna supoaya memperudah kita saat proses pemupukan selanjutnya.

Penyiraman

Setelah di tanam siram benih kacang hijau. Untuk tanah yang lembab maka proses penyirman bisa dilakukan sebanyak satu kali sehari. Begitupun sebaliknya jika kondisi tanah kering maka kamu bisa menyiraminya setiap pagi dan sore hari.

Penyulaman

Cara menanam kacang hijau selanjutnya adalah penyulaman. Proses ini baru bisa dilakukan jika tanaman kacang hijau sudah berusia 15 hari sejak masa tanam. Jika ada benih yang tumbuh tikda sempurna segera ganting benih tersebut dengan yang baru.

Penyiangan

Kehadiran gulma dan rumput liar bisa menghambat proses pertumbuhan kacang hijau. Oleh karena itu perlu dilakukan yang namanya penyiangan. Proses ini bisa dilakukan jika tanaman kacang hiju beusia 15 hari dan 30 hari usia tanam.

Pemupukan

Pemupukan bisa dilakukan dalam 2 tahap yaitu menanam menanam benih kacang hijau secara bersamaa kemudian proses pemupukan selanjutnya dilakukan ketika tanaman kacang hijau sudah mulai berbunga atau sudah berusia 1 bulan masa tanam.

Sementara untuk pemberian pupuknya sendiri bisa dilakukan dengan takaran pupuk TSP 100Kg per lahan, Urea 50Kg per lahan, KCL 50Kg per lahan. Cara pemupukan dilakukan dengan memasukkan pupuk ke lubang yang telah disediakan. Jjika sudah tutup kembali lubang tersebut dengan tanah.

Masa Panen

Kacang hijau baru bisa dipanen jika sudah berusia 60 -80 hari. Kacang hijau yang sudah siap panen ditandai dengan kondisi polong yang mengering dan mudah sekali pecah. Untuk proses panennya sendiri bisa dilakukan setiap hari setelah polongnya dipetik kemudian dijemur hingga warnya berubah menjadi kekuningan dan setelah itu pukul menggunakan kayu sampai biji terlepas dari polongnya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: