Tips dan Cara Menanam Kentang Sesuai dengan Aturan

Cara Menanam Kentang  – Kentang termasuk jenis umbi-umbian yang sering kali kita konsumsi. Dijaman seperti ini kita bisa dengan mudah menemukan berbakai kudapan lezat yang menggunakan kentang sebagai bahan dasarnya.

Kentang bisa tumbuh dengan baik di dataran tinggi yang mempunyai kelembapan udara sekitar 80-90%. Selain suka suasana yang sedikit dingin ternyata kentang juga suka dengan naha yang gembur. Dimana pada tanah yang gembur terdapat cukup banyak unsur hara yang baik untuk pertumbuhan kentang.

Tips dan Cara Menanam Kentang Sesuai dengan Aturan Cara Menanam Kentang Tips dan Cara Menanam Kentang Sesuai dengan Aturan Tips dan Cara Menanam Kentang Sesuai dengan Aturan

Produksi kentang semakin hari terus mengalami peningkatan bahkan di bebeapa dataran tinggi seperti di kawasan gunung Bromo, Temanggung, Lembang dan lain sebagainya hampir penduduk sekitar berprofesi sebagai petani kentang.

Jika kamu tertarik untuk menanam kentang sendiri dirumah bisa. Akan tetapi seblum terjun langsung kamu harus mengetahui cara menanam kentang terlebih dahulu. Untuk kamu yang belum tahu bagaimana cara tanamnya kamu bisa simak ulasan berikut ini.

Pemilihan Bibit Kentang

Langkah pertama dalam cara menanam kentang adalah memilih bibit dengan kualitas unggul. Untuk mendapatkan bibit yang pasik pastikan jika umbi yang kamu pilih sudah memiliki tunas yang kuat dan pastinya sudah melalui proses penyimpanan selama 4 bulan setelah masa panen.

Selain itu benih yang bagus mempunyai ukuran lebih dari 3 cm dan memiliki tunas minimal 3 tunas. Dan yang terakhir adalah pemukaan umbi harus bebas dari cacat.

Pengolahan Lahan

Cara menanam kentang selanjutnya adalah menentukan lahan. Pastikan lahan yang akan digunakan sudah dicangkul agar menjadi gembur. Setelah itu diamkan selama kurang lebih 3 hari suoaya terkena paparan sinar matahari.

Berikutnya beri pupuk kompos secara merata sambil di cangkul dan diamkan selama 1 minggu agar pupuk dan tanah dapat tercampur dengan baik. Buat bedengan menghadap ke barat dan timur, hal ini bertujuan supaya tanaman kentang mendapat sinar matahari yang cukup.

Buat bedengan dengan ukuran lebar 70 cm dan tinggi 30 cm. Jangan lupa beri jarak 40 cm antar bedengan. Lalu buat lubang diatas bedengan dengan jarak 25 cm.

Cara Menanam Kentang

Masa penanaman sebaiknya dilakukan pada saat musim hujan agar kondisi tanah yang masih baru mendapatkan serapan air yang cukup. Jika sudah tanam bibit kentang lalu tutup dengan ketebalan tanah mencapai 5 cm.

Perawatan Kentang

Setelah ditenam supaya kentang tumbuh dengan bagus harus di beri pupuk secara rutin setidaknya setiap 20 hari sekali. selanjutnya adalah melakukan proses penyiangan. Proses ini dilakukan agar lahan terbebas dari serangan gulma.

Untuk penyiangan bisa dilakukan secara bersamaan dengan proses pemupukan. Jika sudah jangan lupa untuk menyiraminya. Saat menyirami kentang jangan sampai tanah tergenang oleh air, kamu hanya perlu menyiraminya jika tanah terlihat kering paling tidak seminggu sekali.

Masa Panen Kentang

Kentang yang  siap panen adalah kentang yang usianya sudah mencapai 3-4 bulan setelah masa tanam. Waktu panen yang baik sebaiknya dilakukan saat cuasa cerah. Jika melakukan pemanenan dalam keadaan hujan hal tersebut akan mempengaruhi kualitas kentang dan tidak hanya itu saja bahkan kentang juga cepat busuk.

Jika kamu berniat menjanikan kentang sebagai bisnis usaha bisa saja. Biasanya para produsen akan menjaga kesegaran produk mereka sampai ke tangan konsumen. Agar kentang tetap terlihat segar setelah masa panen diamkan kentang di lahan sekitar 1 jam dibawah paparan sinar matahari.

Hal ini berguna agar kulit kentang cepat mengering dan kotoran yang melekat pada kulit kentang bisa terlepas semuanya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: