Tips dan Cara Menanam Padi Secara Sederhana Yang Mudah

Cara Menanam Padi  – Nasi atau beras memang menjadi bahan pangan dan kebutuhan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, dan hal ini membuat kebutuhan beras sebagai bahan pangan utama pun sangat tinggi di negara kita.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami ingin mengulas tentang cara menanam padi kepada anda semua. Hal ini memang sangat penting karena selain menguntungkan bagi para petani, namun juga bisa mereka gunakan untuk bahan pangan keluarganya nanti. Untuk anda yang tertarik mencoba, silahkan simak tips menanam padi yang baik dan benar dibawah ini.

Tips dan Cara Menanam Padi Secara Sederhana Yang Mudah Cara Menanam Padi Tips dan Cara Menanam Padi Secara Sederhana Yang Mudah Tips dan Cara Menanam Padi Secara Sederhana Yang Mudah

Pengolahan Tanah

  • Langkah pertama cara menanam padi yang harus anda lakukan adalah membersihkan lahan dari berbagai rerumputan maupun semak belukar, setelah iotu dibakar
  • Aliri air pada lahan untuk mempermudah proses pembajakan
  • Setelah tanah gembur selesai di bajak, genangi lahan dengan air hingga ketinggian sekitar 5-10 cm selama kurang lebih 2 minggu. Cara mengatur ketinggian air ialah sistem buka tutup untuk akses keluar masuknya irigasi.

Memilih Bibit Unggulan

Cara menanam padi selanjutnya ialah memilih calon bibit unggul yang akan kita tanam nanti, hal ini sangat penting karena hasil panen padi agar bisa sesuai dengan harapan. Berikut cara mengetahuinya:

  • Rendam benih kira-kira 100 butir didalam air selama 2 jam
  • Setelah itu letakan benih tadi pada kain yang sudah dibasahi, lalu hitung benih yang telahberkecambah. Jika lebih dari 90 butir, maka bibit padi tersebut berkualitas baik.

Persemaian

Setelah menemukan bibit unggulan untuk ditanam, tahap selanjutnya ialah persemaian. Dan untuk langkahnya silahkan simak dibawah ini:

  • Rendam benih selama sehari semalam, lalu tiriskan selama 2 hari agar bisa berkecambah
  • Siapkan lahan semai sekitar 500 meter persegi untuk 1 hektar lahan sawah, usahakan kondisinya tetap berair atau becek lumpur.
  • Berikan pupuk pada lahan semai dengan dosis : Urea (10 gram), TSP (10 gram) untuk 1 meter persegi lahan semai.
  • Selanjutnya, taburkan secara merata benih yang berkecambah tadi pada lahan semai yang telah disiapkan.

Tahap Cara Menanam Padi

Tahap selanjutnya kini kita akan menanam bibit padi kelahan persawahan yang telah dipersiapkan tadi. langkah memindahkan bibit dari persemaian ke lahan persawahan berikut ini:

  • Ciri bibit siap tanam adalah memiliki daun dua sampai tiga helai, dan usia bibit ini tak boleh lebih dari 2 minggu, idealnya 12 hari.
  • Untuk menanam padi lubang tanam ini bisa dilakukan dengan cara tunggal maupun ganda, satu lubang untuk satu tanaman, maksimal 2 tanaman.
  • Proses penanaman bibit padi yang baik yakni dalam kondisi lahan tergenang air,kedalaman penanaman bibit antara 1-15 cm, tidak terlalu dalam. Penanaman yang baik ialah harus berjajar rapi.

Penyiangan Lahan

Bersihkan lahan persawahan dari gulma dan rumput liar yang mengganggu, hal ini penting untuk dilakukan agar padi tumbuh dengan baik, dan penyiangan ini dilakukan saat usia 3 minggu, selanjutnya dilakukan selama 3 minggu sekali.

Pemupukan

Cara Menanam Padi yang komplit tak lepas dari pemberian pupuk agar bisa tumbuh sempurna dan berbuah banyak, berikut caranya:

  • Saat tanaman berusia 7-15 hari setelah tanam, jenis pupuknya adalah Urea dan TSP dengan Dosis 100 : 50 Kg/ Hektar.
  • Pada usia 25-30 hari gunakan pupuk jenis Urea 50kg/ha dan Phonska 100kg/ha.
  • Pada usia 40-45 hari gunakan puupuk Urea dan Za dosisnya 50:50 Kg/Ha.

Perlindungan Tanaman Padi pada Hama

Beberapa hama padi adalah tikus, orong-orong, belalang, hingga wareng. Dan pengendalian hama ini bisa dilakukan secara alami yakni memlihara hewan pemangsa seperti ular. Dimana habitat ular ini bisa mengurangi hama tikus yang menganggu padi. Namun jika tidak ada perkembangan barulah anda menggunakan pestisida.

Masa Panen

Nah untuk pertanda padi siap masa panen ialah gabar berwarna kuning, serta buah padi muali menunduk karena berisi beras didalamnya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: