Tips dan Cara Menanam Sayuran Yang Sangat Mudah

Cara Menanam Sayuran – Menanam sayuran merupakan cara yang baik untuk lebih menghemat dalam pengeluaran setiap bulannya. Bahkan disaat ingin memasak sesuatu kita juga tak perlu untuk keluar rumah demi membeli bahan-bahan.

Ketersediaan sayur di rumah juga menjadi hal yang paling penting bagi setiap ibu rumah tangga. Baik itu sayur daun, buah atau tanaman herbal yang biasanya digunakan untuk menambah cita rasa masakan alias rempah-rempah.

Tips dan Cara Menanam Sayuran Yang Sangat Mudah Cara Menanam Sayuran Tips dan Cara Menanam Sayuran Yang Sangat Mudah Cara Menanam Sayuran

Selain untuk memenuhi kebutuhan sayuran di rumah, berkebun juga memiliki manfaat lain bagi jiwa seseorang, rasa bahagia dan tenang ketika menikmati lingkungan yang hijau dipastikan menambah semangat untuk terus berkebun.Menanam sayuran juga bisa dilakukan dengan berbagai cara mulai dari konvensional hingga hidroponik. Kedua cara itu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing baik hasil atau cara perawatannya.

Yang paling penting saat hendak berkebun adalah menentukan pilihan cara berkebun, dengan melihat kondisi rumah dan ketersediaan lahan yang ada juga akan menentukan bagaimana Anda akan mulai bercocok tanam. Jika memiliki rumah yang sempit dan berada ditengah perkotaan, Anda dapat memilih cara hidroponik.

Cara yang mengandalkan sistem sirkulasi air itu memudahkan setiap pemiliknya untuk berkebun dilahan sempit. Tapi jika memiliki lahan yang sempit dan tetap ingin berkebun secara konvensional juga tak ada salahnya. Anda bisa menggunakan wadah-wadah tak terpakai untuk menanam berbagai jenis sayur dan tanaman herbal.

Lantas bagaimana cara menanam sayuran dan perawatannya? Berikut akan dijelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk memulai berkebuh di rumah.

  1. Pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan benih dan media tanam dari campuran berbagai bahan. Tanah, arang sekam, pupuk kandang dan beberapa unsur hara lain untuk mencukupi nutrisi tanaman.

Pilihlah tanah yang gembur dan tidak liat agar nantinya sirkulasi udara baik. Tanah yang bebas dari gulma dan rumput liar juga sangat dianjurkan supaya tanaman utama tak terganggu.

Pupuk kandang yang sudah kering, tidak berbau dan berbentuk mirip tanah juga menjadi pilihan bagus. Penambahan pupuk ini dimaksudkan untuk memaksimalkan unsur hara.

Penambahan arang sekam juga dianjurkan karena memiliki banyak manfaat bagi tanaman dan tanah itu sendiri. meningkatan daya ikat terhadap air, tempat tumbuhnya mikroba dan bisa mengontrol ph tanah.

  1. Campur seluruh media tanam yang sudah dipersiapkan dengan menambahkan sedikit demi sedikit air. Setelah tercampur rata masukkan ke dalam polibag dan sisakan 5 cm dari tinggi wadah tersebut.
  2. Lubangi media tanam menggunakan tangan setinggi 1,5 cm untuk menaruh benih yang dipersiapkan. Setelah itu tutup benih dengan tanah dan semprotkan air untuk membasahi permukaan media.
  3. Setelah semuanya selesai, tempatkan semaian dilokasi yang tak terkena sinar matahari langsung. Hal tersebut dimaksudkan agar tanaman cepat pecah biji atau berkecambah.

Selain cara menanam sayuran, ada juga tips perawatan yang bisa digunakan untuk memperoleh hasil maksimal. Terutama menjauhkan dari hama yang ada di lingkungan sekitar rumah. Siramlah tanaman sehari dua kali pada pagi dan sore hari, hal ini dimaksudkan agar tanaman tak layu. Sebaiknya tak menyiram saat cuaca sedang panas karena akan merusak tanaman itu sendiri.

Pemupukan dengan bahan-bahan organik perlu dilakukan untuk menambah nutrisi pada tanaman. Bisa membuat kompos sendiri dengan mencampurkan sampah dapur dan decomposter. Untuk menghindari hama Anda bisa menggunakan air rendaman bawang putih yang sudah didiamkan selama semalam. Tapi air rendaman itu hanya bisa digunakan kurang dari satu minggu.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: