Tips Membuat Komposter Sederhana Manfaatkan Ember Bekas

Tips Membuat Komposter Sederhana Manfaatkan Ember BekasKomposter merupakan alat yang bisa digunakan dalam pembuatan kompos.  Perlu anda ketahui bahwa komposter sendiri memiliki tujuan untuk bantu bakteri pengurai percepat proses penguraian dari bahan organik menjadi pupuk (kompos), ada yang bentuk padat dan juga cair.

Pada saat bakteri pengurai telah bekerja sangat baik dalam kondisi lingkungan yang konduktif ataupun sesuai dengan apa yang sudah diinginkan oleh dekomposer. Bila keadaan lingkungan sangat konduktif maka proses penguraian bisa dilakukan langsung lebih cepat.

Tips Membuat Komposter Sederhana Manfaatkan Ember Bekas Membuat Komposter Sederhana Tips Membuat Komposter Sederhana Manfaatkan Ember Bekas Tips Membuat Komposter Sederhana Manfaatkan Ember Bekas

Saat keadaan sudah sesuai dengan bakteri pengurai maka bisa dilakukan secara langsung untuk proses penguraiannya tanpa henti. Adapun beberapa tips membuat komposter sederhana dengan manfaatkan ember bekas.

Bahan dan Alat Komposter

  • Persiapkan bor kalau tidak memiliki maka bisa pakai obeng dan lilin yang akan digunakan untuk pembuatan lubangan pada ember yang akan digunakan komposter tersebut.
  • Siapkan gergaji besi untuk memotong paralon
  • Spidol untuk menandai lubangan yang akan di masukkan paralon di ember
  • Jangan lupa keran air dan plester yang memiliki fungsi untuk tanam kompos cair yang telah dihasilkan pada komposter.
  • Meteran digunakan untuk ukura panjang paralon serta untuk sesuaikan tinggi serta lebar ember.
  • Gunting
  • Paralon yang akan digunakan penahan dasar komposw serta sirkulasi udara
  • Fiber ataupun bahan-bahan lainnya yang bisa digunakan sebagai alas dan saringan bahan kompos yang harus memiliki ketebalan dan kaku.

Tahap Pembuatan Komposter

  1. Pertama, Anda harus membuat 4 buah lubang dari dasar ember memiliki tinggi sekitar 9 cm. hal ini berfungsi untuk masukkan paralon ½ inc dibagian depan, belakang, kiri dan kanan ember tersebut. Selain itu buat juga lubang kecil yang bisa mengelilingi seluruh sisi ember dan juga dibawah lubang itu.
  2. Kedua, buat 2 buah lubang yang memiliki posisi sejajar pada bagian atas guna masukkan paralon ½ inc yang memiliki tinggi sekitar 36 cm, posisi pelubangan ini sesuai dengan tinggi ember yang digunakan, pastikan lubang sejajar dengan yang sudah anda buat sebelumnya.
  3. Ketiga, tahap berikutnya buat 1 lubang yang sejajar dengan dasar ember yang digunakan tempat keran air. Usahakan jangan dibawah lubang paralon untuk memudahkan dalam membukja keran tersebut.
  4. Keempat, ketahuilah potongan paralon 2 inch tersebut memiliki panjang sekitar 38 cm dan bergantung tinggi dari ember. Pada paralon ini akan diletakkan di tengah ember yang memiliki fungsi keluar masukknya oksigen.
  5. Kelima, selanjutnya buat 4 lubang di sisi paralon bawah supaya bisa muat paralon ½ inch. Lalu buat lubang kecil memanjang bisa menggunakan obeng yang sudah dipanaskan ghunakan lilin atau kalau anda memiliki bor maka lebih mudah. Usai itu anda buat lagi 2 lubang untuk paralon ½ inch di atas paralon yang besar dan harus sejajar dengan lubang atas pada ember tersebut.
  6. Keenam, potong paralon ukuran 1/2 inch 2 buah dan memiliki panjang 46 cm dimana yang 1 paralon dipasang pada ember bagian atas dan 1 paralon lagi untuk bawah ember. Selain itu, potong paralon 2 buah dengan panjang 25 cm yang akan diletakkan diember bagian bawah yang memiliki fungsi sebagai penyangga.
  7. Ketujuh, setelah semua sudah maka bisa melakukan pemotongan fiber atau bisa menggunakan bahan lain yang berbentuk lingkaran. Perlu anda perhatikan bahwa besar lingkaran juga tergantung dengan ember yang anda gunakan. Kalau sudah, maka anda bisa membuat lubangan yang lebih besar pada fiber sekitar 2 inch supaya paralon bisa masuk dan pastikan juga membuat lubangan kecil secara teratur untuk penyaringan kompos.
  8. Kedelapan, langkah selanjutnya anda bisa masukkan 2 buah paralon berukuran 25 cm, 1 di posisi kiri, dan 1 di posisi kanan yang bisa anda sesuaikan pada lubangan yang anda buat di ember.
  9. Kesembilan, masukkan saringan dalam ember yang sudah tersedia.
  10. Kesepuluh, proses pemasangan paralon yang berukuran 46 cm diatas ember yang sudah anda lubangi sebelumnya di posisi kiri dan kanan dan melalui paralon 2 inch yang ada ditengah ember tersebut.

Kesebelas, kalau semua sudah dipasang dengan rapi, maka siap pemasangan keran pada lubang yang sudah anda sediakan. Dan selesai, komposter sudah siap digunakan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: