Tips Menanam Bawang Merah pada Saat Musim Hujan – Part 1

Tips Menanam Bawang Merah pada Saat Musim Hujan – Bawang Merah merupakan sayur mayur yang tidak pernah absen dalam setiap makanan. Selain menambah bau sedap pada makanan ternyata Bawang Merah juga mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh kita.

Bawang Merah termasuk jenis sayuran yang bisa di budidayakan dalam segalam musim baik itu musim penghujan atau musim kemarau. Akan tetapi untuk mendapatkan hasil panen yang baik penanaman Bawang Merah sebaiknya dilakukan saat musim kemarau.

Tips Menanam Bawang Merah pada Saat Musim Hujan - Part 1  menanam bawang merah Tips Menanam Bawang Merah pada Saat Musim Hujan - Part 1 Tips Menanam Bawang Merah pada Saat Musim Hujan

Dan ternyata penanaman Bawang Merah saat musim penghujan memiliki resiko gagal yang rumayan tinggi. Pastinya kegagalan tersebut disebabkan oleh serangan hama dan penyakit. Akan tetapi jika dilakukan dengan baik maka budidaya Bawang Merah saat musim hujan tetap bisa menghasilkan panen dengan kualitas bagus.

Pastinya keberhasilan panen bawang merah saat musim hujan juga didukung dengan beberapa faktor diantaranya adalah keahlian kita dalam memilih bibit Bawang Merah kualitas unggul, pemilihan lahan yang tepat, cara mengolah lahan dan yang terakhir adalah faktor pemupukan.

Dan berikut adalah informasi tentang Tips Menanam Bawang Merah pada Saat Musim Hujan yang wajib anda ketahui.

Pemilihan Varietas Bawang Merah Kualitas Unggul

Jika anda berkeinginan untuk menanam Bawang Merah saat musim penghujan sebaiknya anda memilih jenis bibit yang mempunyai kemampuan dalam beradaptasi dengan curah hujan dan tahan terhadap hama dan penyakit. Dibawah ini adalah beberapa varietas Bawang Merah yang cocok ditanam saat musim penghujan :

  • Bawang Merah Varietas Maja
  • Bawang Merah Varietas Sembrani
  • Bawang Merah Varietas Trisula

Jenis Lahan yang Cocok Ditani Bawang Merah saat Musim Penghujan

Tips menanam bawang merah pada saat musim penghujan berikutnya adalah pemilihan lahan. Selain pemilihan bibit ternyata pemilihan jenis lahan juga tidak kalah pentingnya. Berikut ini adalah beberapa jenis tanah yang cocok dijadikan sebagai media budidaya bawang merah saat musim hujan.

  • Pastikan lahan yang akan anda gunakan bertekstur sedang hingga liat
  • Sementara untuk jenis tanah yang cocok diantaranya adalah tanah latosol coklat, andisol dan asosasi latosol-andosol.
  • Selain itu lahan kerin dan tegalan juga sangat cocok untuk menanam bawang merah saat musim penghujan.
  • Pastikan jika lahan memiliki daerah resapan yang baik.

Pengolahan Lahan

Sebelum ditanami biasanya lahan dicangkul atau dibajak terlebih dahulu. Setelah itu buat bedengan dengan ketinggiaan 60-100 cm. Sementara untuk panjangnya sendiri anda bisa menyesuaikan dengan ukuran lahan yang digunakan.

Jangan lupa untuk memberi jarak sekitar 20-30cm/bedengan. Jika bedengan sudah siap biarkan selama beberapa hari. Lalu lakukan proses pemupukan dasar jika sudah cangkul tanah kembali hal ini bertujuan agar tanah dan pupuk bisa tercampur dengan baik.

Jenis dan Takaran Pupuk Dasar

Untuk jenis pupuk yang baik dijadikan sebagai pupuk dasar adalah pupuk kandang (anda bisa menggunakan kotoran sapi atau unggas). Selain pupuk organik anda juga bisa menggunakan pupuk anorganik seperti pupuk TSP atau SP36. Berikut ini adalah takaran untuk melakukan pupuk dasar :

  • Jika anda menggunakan pupuk kandang dari kotoran sapi maka anda memerlukan pupuk sebanyak 15-20ton/hektar.
  • Sedangkan untuk kotoran unggar sebanyak 5-6 ton/hektar.
  • Takaran untuk pupuk TSP/SP36 sebanyak 150 – 200kg/hektar.

Penaburan pupuk dasar ini bisa dilakukan saat peengolahan lahan kedua atau 2 minggu sebelum bibit Bawang Merah ditanam.

Nah itu tadi adalah Tips Menanam Bawang Merah pada saat Musim Hujan. Sebenarnya masih ada banyak tips menarik lainnya. Untuk tips selanjutnya bisa anda simak di Tips Menanam Bawang Merah pada Saat Musim Hujan (Part 2)!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: