Tips Pemupukan Kelapa Sawit di Tanah GAMBUT

Tips Pemupukan Kelapa Sawit di Tanah GAMBUTGambut merupakan jenis tanah yang memiliki bentuk dari campuran sisa-sisa tumbuhan yang sedikit membusuk, maka ada kandungan bahan organiknya yang cukup tinggi. Dimana tanah yang paling utama terdapat bentuk di lahan-lahan basah juga disebut dengan peat dalam bahasa inggris.

Selain itu tanah gambut itu juga memiliki kandungan C organic yaitu 18%. Adapun rata-rata tanah gambut ini terdapat di keadaan tergenang, maka memiliki karakter tanah gambut yang beda dengan lahan mineral, serta terdapat sifat fisik dan kimianya.

Tips Pemupukan Kelapa Sawit di Tanah GAMBUT Pemupukan Kelapa Sawit Tips Pemupukan Kelapa Sawit di Tanah GAMBUT Tips Pemupukan Kelapa Sawit di Tanah GAMBUT

Dalam perlakuan tanaman pada tanah gambut juga memiliki perbedaan adapun contoh pada pemupukan tanaman kelapa sawit. Perbedaan pada saat pemupukan kelapa sawit yang berada di tanah gambut dengan kelapa sawit yang berada di tanah mineral, dalam perbedaan itu terdapat jenis pupuk, dosis pemupukan.

Pertama Dalam Waktu Pemupukan Kelapa Sawit Pada Tanah Gambut

Perlu anda ketahui bahwa dalam masa atau waktu pemupukan kelapa sawit yang telah dilakukan pada waktu hujan kecil  sekitar >60mm/bulan. Kalau tidak sesuai dengan hal tersebut maka dalam pemupukan akan ditunda kalau curah hujan kurang dari 60mm/bulan.

Kedua, Melihat Frekuensi Pemupukan Kelapa Sawit Pada Tanah Gambut

Pada saat pemupukan tanaman kelapa sawit harus dilakukan 2 sampai 3 kali tergantung dengan kondisi tanah tersebut, jumlah pupuk, umur tanaman dan juga kondisi tanaman. Dalam proses pemupukan tanaman kelapa sawit pada tanah gambut juga melakukan dengan frekuensi yang lebih banyak tetapi tak sering.

Dimana frekuensi proses pemupukan yang cukup tinggi atau terlalu sering dilakukan ada kemungkinan lebih baik untuk tanaman tetapi tak ekonomis dan juga perlu waktu yang cukup banyak serta menghabiskan tenaga yang lebih banyak.

Ketiga, Tips Dalam Pemupukan Kelapa Sawit Pada Tanah Gambut

Adapun dosis dalam pemupukan kelapa sawit yang bisa ditentukan menurut umur tanaman, jenis tanah dan juga kondisi penutup tanah serta kondisi visual tanaman tersebut.  Untuk waktu pemupukan tumbuhan kelapa sawit juga bisa ditentukan berdasarkan jadwal serta umur tumbuhan tersebut dan begini tips pemupukan tanaman kelapa sawit.

  • Tanaman kelapa sawit pada umur 1 bulan, maka pupuk urea bisa ditaburkan dari pangkal batang sampai 30-40 cm.
  • Usai menerapkan pupuk urea maka bisa menaburkan Dolomit yang merata sampai batas lebar tajuk tanaman kelapa sawit tersebut.
  • Setelah itu pupuk Boron juga bisa ditebarkan pada ketiak pelepah daun.
  • Penggunaan pupuk urea, MOP dan Dolomit bisa diberikan pada selang waktu yang berdekatan.
  • Sedangkan pupuk Rock Phosphat/SP-18/SP-36/TSP juga diberikan lebih dulu dari pupuk lainnya kalau curah hujan kurang dari 60mm.
  • Perlu anda ketahui dengan adanya jarak waktu pemberian pupuk phosphate serta pupuk nitrogen minimal 2 minggu.

Keempat, Jenis dan Dosis Pupuk Tumbuhan Kelapa Sawit Pada Tanah Gambut

Pada pemupukan tumbuhan kelapa sawit yang menggunakan tanah gambut ataupun tanah mineral bukan gambut bisa melakukan dua cara seperti terdapat system tebar dan system benam. Pada sebuah pemupukan tumbuhan kelapa sawit muda atau belum menghasilkan system tebar.

Sedangkan pupuk ditebar atau ditabur yang cukup merata pada piringan pada jarak 0.5m sampai pinggir piringan. Pada tumbuhan kelapa sawit dewasa pupuk ditebarkan pada jarak 1-2.4 m.

Untuk sistem benam dalam pemupukan tanaman kelapa sawit ini maka pupuk diberikan pada lubang, setelah itu ditutup lagi dengan tanah yang terdiri 4-6 lubang pada piringandisekeliling pohon tersebut.

Apabila anda menggunakan sistem benam maka cocok untuk area rendah, tanah miring atau sering dan tanah pasir yang mudah erosi pada tapak kuda 75% pupuk telah diberikan pada areal yang dekat dengan tebing. Itulah beberapa tips pemupukan kelapa sawit yang bisa anda lakukan untuk kebun anda.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: