Tips Penetasan dan Pembenihan Telur Ikan Gurame

Tips Penetasan dan Pembenihan Telur Ikan Gurame  – Ikan Gurame merupakan jenis ikan yang sangat mudah untuk dipelihara dan permintaan pasar yang cukup tinggi serta harga yang memang cukup stabil. Maka dari itu banyak orang yang ingin budidayakan ikan gurame, disamping memiliki perawatan mudah dan ikan ini asli Indonesia.

Pada masa panen ikan gurame ini memang cukup lama dari pada jenis ikan lainnya. Adapun ketunungan dalam ternak ikan gurame ini yaitu harga jual yang cukup tinggi dan juga stabil. Maka cocok untuk usaha dan juga sumber penghasilan anda.

Tips Penetasan dan Pembenihan Telur Ikan Gurame Ikan Gurame Tips Penetasan dan Pembenihan Telur Ikan Gurame Tips Penetasan dan Pembenihan Telur Ikan Gurame

Untuk usaha ternak ikan ini telah dibedakan menjadi dua tahapan yaitu budidaya pembenihan dan juga pembesaran. Dalam pembenihan ikan telah meliputi pemijahan dan pemeliharaan induk, pemijahan serta pendederan.

Masing-masing jenis ikan perlu kondisi lingkungan yang beda serta memiliki sifat telur berbeda. Oleh karena itu, pada tahap pemijahan ini sangat penting untuk budidaya ikan gurame.

Pada tahap pemilihan induk, penetasan telur juga memiliki perbedaan dengan jenis ikan lainnya. Adapun tahap yang harus anda perhatikan kalau ingin membudidayakan ikan gurame.

Tahap pertama, Pemilihan Indukan  yang baik untuk dipijahkan

Indukan ikan gurame jantan ataupun betina yang sudah dewasa berusia 4-5 tahun. Diketahui bahwa ikan gurame ini bisa memijah sepanjang tahun dan juga produktifitas telur juga paling tinggi pada musim kemarau. Adapun ciri-ciri Ikan Gurame Dewasa untuk Indukan.

Ikan Gurame Jantan:  terdapat tonjolan pada kepala dan letaknya bibir atas dan mata, tak ada bintik hitam pada kelopak sirip, warna pangkal sirip dada terang, induk jantan yang baik warna cerah, sisik rapi dan lincah atau gesit.

Ikan Gurame Betina: tak ada tonjolan dibagian kepala, memiliki bintik hitam di bagian kelopak sirip, dasar sirip dada lebih gelap, Induk betina yang baik juga memiliki warna cerah, sisik lebar, sedikit lamban, rongga perut yang lebih besar.

Tahap Kedua, Persiapan Kolam Pemijahan Ikan Gurame

Dibutuhkan luas kolam dalam proses pemijahan ikan gurame dengan ukuran 3 x 3 m atau 5 x 5 m, yang memiliki kjedalaman sekitar 40-60 cm.

Kolam juga sudah dilengkapi dengan tempat untuk meletakkan sarang serta ijuk untuk bahan sarangnya, ukurannya memiliki diameter 25 cm.

Tempat untuk meletakkan sarang 15 cm dibawah permukaan air dan diletakkan di tepi kiolam. Bahan sarang bisa anda letakkan diatas tatakan bamboo dipermukaan air.

Untuk satu kolam indukan yang telah dipelihara 1 ekor indukan jantan dan 3 sampai 4 ekor indukan betina.

Tahap Ketiga dalam Prosesi Pemijahan Ikan Gurame

Perhatikan pada satu minggu sebelum adanya pemijahan maka induk ikan gurame jantan bisa membuat sarang tempat telur ikan betina. Setelah membuat sarang sekitar 1 -2 hari maka induk jantan akan melakukan pemijahan kepada ikan betina.

Pada saat ikan gurame memijah terkadang pada sore hari, kalau lubang sarang sudah ketutup maka ikan sudah memijah. Bisa anda pastikan dengan cara menusuk lidi pada sarang, kalau keluarkan lemak warna kuning maka sarang tersebut sudah berisi ikan. Terkadang induk betina selalu berada di pintu sarang supaya telurnya aman dari serangan.

Ada hal yang bisa anda perhatikan pada saat pemijahan ikan gurame yaitu Padat tebar induk, tata letak sarang, panen telur dan juga kualitas air yang perlu dikontrol setiap saat.

Tahap Keempat, Penetasan Telur Ikan Gurame

Telur Ikan Gurame bisa capai 1500 hingga 2500 butir/kg induk. Padat tebar telur ikan pada kolam penetasan diantaranya 4-5 butir/cm2 serta memiliki ketinggian air 15-20 cm. dalam pertahankan kandungan oksigen terlarut dan juga media penetasan maka perlu ditambahkan aerasi kecil dan juga harus hati-hati supaya tak teraduk. Dalam Penetasan telur maka anda harus melakukan Penetasan di kolam pemijahan, dalam wadah terapung di kolam, dan dalam paso.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: