Tips Perawatan dan Pemisahan Ayam Kampung

Tips Perawatan dan Pemisahan Ayam KampungSering kali para pakar peternakan telah membudidayakan ikan, ayam dan lain-lain. Salah satunya yaitu ternak ayam kampong yang dikenal dagingnya lebih enak dibandingkan ayam broiler. Ayam kampong ini juga bisa disebut sebagai ayam buras dan adapun aspek yang paling penting dalam ternak ayam ini.

Diketahui tingginya tingkat kematian anak ayam buras karena sistem budidaya yang tak tepat. Pada umumnya induk ayam buras ini dibiarkan untuk mengasuh anaknya sendiri sampai disapih. Sering kali dijumpai pada sistem budidaya ayam kampung yang menggunakan cara tradisional.

Tips Perawatan dan Pemisahan Ayam Kampung Ayam Kampung Tips Perawatan dan Pemisahan Ayam Kampung Tips Perawatan dan Pemisahan Ayam Kampung

Dalam cara tersebut membiarkan anak ayam diasuh induknya secara bersama-sama sampai cukup umur untuk disapih. Hal ini akan memberikan keberhasilan budidaya ayam kampong yang semakin rendah, karena tingkat kemarian anak ayam yang sangat tinggi dan produksi telur juga cukup rendah lantaran waktu bertelur menjadi lama.

Pada tujuan utama dalam pemisahan anak ayam dari sang induk merupakjan meningkatkan produksi telur serta akan mengurangi kematian anak ayam. Pada induk ayam buras tersebut yang sudah dilakukan pemisahan dari anak-anaknya maka akan segera melakukan perkawinan dan akhirnya bertelur kembali jadi untuk tingkat produktifitasnya lebih tinggi.

Pembuatan Kandangan Anak Ayam Kampung Baru Menetas

Kandang ayam yang baru mentas merupakan kotak untuk memelihara anak ayam kampong yang telah dipisah dari sang induk. Kandang tersebut bisa terbuat dari bamboo, kayu, kawat ataupun barang bekas yang bisa anda gunakan. Untuk ukuran bisa menyesuaikan berapa anak ayam yang sudah menetas.

Cara Membuat Kandangnya

  • Siapkan kotak indukan yang bisa dibentuk kotakj ataupun sesuai dengan bahan yang telah tersedia
  • Bahan dalam pembuatan kotak indukan ini bisa dari bamboo atau kawat yang memiliki diameter 0,5 – 1 cm.
  • Posisi bawah sebaiknya tak terlalu rapat atau terlalu renggang, agar kaki anak ayam terhindar dari luka.
  • Sedangkan untuk ukuran kotak indukan bisa langsung disesuiakan dengan jumalh anak ayam.

Tempat Minum dan Pakan

Sebaiknya tempat minum dan pakan yang digunakan untuk anak ayam kampong terbuat dari bahan yang tak mudah berkarat atau neyeng semisal dari plasti, kayu, pipa atau bamboo. Untuk menempatkannya harus didalam kotak indukan untuk memudahkan anak ayam menjangkau makanan dan minumannya.

Beberapa Hal Perlu Anda Perhartikan Pada Pembuatan Kandang

Sangat penting, untuk kandang tersebut anda seterilkan dulu sebelum anak ayam dimasukkan, caranya dengan pengapuran pada seluruh kandang dan dibiarkan selama 3-4 hari lamanya.

Kandang anak ayam kampong dibersihkan minilai 2 hari sekali atau lebih baik kalau dibersihkan setiap hari untuk menghindari bau tak sedap.

Kotak indukan memiliki fungsi sebagai pengganti induk ayam, oleh karena itu pastikan kehangatan kandang sesuai dengan porsinya untuk ayam yang masih memiliki umur 1-10 hari.

Pengaturan suhu juga perlu diatur untuk ciptakan temperature kota indukan atau kandang tersebut yang sesuai.

Kondisi sirkulasi udaha harus terjaga untuk kesehatan anak ayam , setelah itu lakukan pengontrolan rutin dan juga pastikan anak ayam kampong aman dari serangan binatang.

Pemisahan Anak Ayam Kampung dari Sang Induk

Kandang yang harus diseterilkan terlebih dulu, setelah itu anak ayam yang baru saja amenetas segera dipisahkan dari sang induk dan masukkan kedalam kandang yang sudah disiapkan.

Umur anak ayam 1-10 hari maka harus diberi lampu pemanas dengan suhu yang sesuai. Lampu tersebut hanya dinyalakan pada malam hari pada saat suhu udara luar mulai dingin. Kalau usia sudah 11 hari maka lampu sudah tidak digunakan.

Temperature suhu kandang harus dikontrol, pemberian pakan dan minum tidak boleh telat, untuk mengurangi kematian pada anak ayam maka setiap hari kandang dibersihkan, bila ketika malam hari terdapat angin kencang maka kandang harus ditutup menggunakan karung goni  supaya tidak stress.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: