Tips Semai Biji Gambas Oyong Cepat Berkecambah

Tips Semai Biji Gambas Oyong  – Gambas Oyong merupakan jenis sayuran merambat yang sering kali kita jumpai di pedagang sayur. Tanaman yang bernama latin Luffa Acutangyla ini rupanya banyak sekali dibudidayakan oleh mansyarakat di Indonesia.

Cara budidaya Gambas Oyong inipun juga mudah dan biaya operasionalnya pun juga sangat terjangku. Hal ini dikarenakan buidaya Gambas Oyong ini bisa dilakukan hanya dengan menggunakan bijinya saja.

Tips Semai Biji Gambas Oyong Cepat Berkecambah Biji Gambas Oyong Tips Semai Biji Gambas Oyong Cepat Berkecambah Tips Semai Biji Gambas Oyong Cepat Berkecambah

Biji Gambas Oyong yang sudah tua dikeringkan di simpan setelah itu sudah siap ditanam. Meskipun caranya cukup sederhana akan tetapi beberapa dari para petani tidak mau susah-susah membuat benih sendiri. Mereka memilih untuk membeli benih di toko pertanian.

Perlu anda ketahui jika anda membuat benih Gambas Oyong sendiri maka perumbuhan Gambas akan lebih cepat. Namun sayangnya, benih Gambas buatan sendiri juga mempunyai kelemahan yaitu jumlah produktifitas yang rendah.

Menggunakan benih buatan sendiri atau beli ditoko sebenarnya sama saja keberhasilan panen ditentukan dari bagaimana perawatan yang kita lakukan. Biasanya sebelum ditanam benih Gambas Oyong di semai terlebih dahulu.

Melakukan penyemaian benih Gambas bertujuan untuk mengurangi resiko kerugian. Bahkan cara semai benih Gambas Oyong juga sangat mudah. Berikut adalah Tips Semai biji Gambas Oyong Cepat Berkecambah :

Tips semai biji gambas oyong cepat berkecambah yang pertama adalah menyiapakn benih unggul yang akan disemai. Untuk jenisnya sendiri bisa disesuaikan dengan selera anda.

  1. Sebelum melakukan penyemaian siapkan lahan terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya Siapkan benih sesuai dengan kebutuhan. Agar benih bisa cepat tumbuh kecambahnya jangan lupa untuk mengupas kulit benih Gambas sedikit saja pada bagian ujung yang runcing. Dalam pengupasan ini harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak benih Gambas.
  3. Jika semua benih sudah dikupas bagian ujung selanjutnya adalah merendam benih tadi di air hangat secukupnya. Rendam benih di wadah tertutup selama 3 jam.
  4. Jika sudah 3 jam angkat benih Gambas Oyong tadi kemudian tiriskan.
  5. Sambil menunggu benih sedikit kering siapkan koran atau kain. Kemudian dilipat lalu dicelupkan ke wadah berisi air sampai semua sisi koran/kain tadi basah. Setelah itu tiriskan koran/kain yang dibasahkan tadi.
  6. Letakkan benih diatas koran/kain tadi kemudian lipat bagian sisi kanan kiri atas bawah koran/kain sampai menutupi benih Gambas tadi.
  7. Lalu koran/kain yang sudah diisi benih Gambas tadi dimasukkan ke kantong kresek dan ikat rapat. Diamkan selama 1 hari.
  8. Setelah 1 hari maka benih Gambas sudah mulai tumbuh kecambahnya. Jikas sudah begitu maka benih yang berkecambh tadi bisa disemai menggunkan polybag.
  9. Tips semai biji gambas oyong cepat berkecambahselanjutnya adalah memasukkan benih taid ke polybag yang sudah diisi dengan tanah.
  10. Setelah semua benih sudah ditanam pada polybag jangan lupa untuk menutup benih tadi menggunakan mulsa plastik warna perak selama 3-4 hari. Pastikan jika polybag ini tidak terkan paparan sinar matahari secara langsung.
  11. Jika sudah 3-4 hari lihat apakah benih sudah tumbuh atau belum Jika sudah maka anda sudah bisa membuka tutupan mulsa platik.
  12. Setelah dibuka biarkan benih Gambas tadi terkena paparan sinar matahari selama beberapa hari. Benih Gambas baru bisa ditanam kelahan jika sudah berusia 5 hari setelah penutup dibuka.

Itulah Tips Semai biji Gambas Oyong Cepat Berkecambah. Semoga informasi tadi bermanfaat dan selamat mencoba….

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: