Yuk Cari Tahu Kandungan Serta Komponen Penyusun Minyak Akar Wangi

Minyak Akar WangiKarena baunya yang harum minyak akar wangi sering kali digunakan sebagai bahan aromatherapy, kosmetik, pewangi pada sabun dan parfum. Minyak akar wangi atau Viver Oli merupakan minyak atsiri yang terbuat dari tanaman akar wangi.

Tanaman akar wangi merupakan jenis rerumputan yang mempunyau aroma harum. Tanaman ini tumbuh merumpun lebat serta memiliki akar bercanag berwarna merah tua. Untuk daunnya sendiri mempunyai tekstur sedikit kaku dengan warna kelabu dan panjangnya bisa mencapai 1 meter.

Yuk Cari Tahu Kandungan Serta Komponen Penyusun Minyak Akar Wangi Minyak Akar Wangi Yuk Cari Tahu Kandungan Serta Komponen Penyusun Minyak Akar Wangi Yuk Cari Tahu Kandungan Serta Komponen Penyusun Minyak Akar Wangi

Tak hanya sebagai parfum rupanya minyak akar wangi juga memiliki banyak manfaat seperti obat herbal yang sering kali digunakan sebagai diaphoretic, stimulant dan bisa juga dijadikan sebagai insektisida alami.

Sedikit cerita sebelum terjadinya Perang Dunia II ternyata tanaman akar wangi ini sudah laris dipasaran. Indonesia pernah menjadi pesamok minyak akar wangi terbesar di dunia. Hal tersebut terjadi pada tahun 1989 dimana pada saat itu Indonesia  berhasil mengekspor kurang lebih 40% minyak wangi keseluruh negara maju di dunia.

Namun sayangnya pada tahuan 2005 ekspor yang dilakukan Indonesia mengalami penurunan. Yang sebelumnya bisa mengirim hingga 265 ton kini hanyabisa mengeksport sebanyak 63 ton. Harga minyak akar wangi Indonesia di pasar dunia juga sangat rendah yaitu US$ 58-60/kg. Harga tersebut jauh lebih murah ketimbang harga minyak akar dari Brazil (US$ 85/kg) dan Haiti (US$ 93/kg).

Selain Indonesia, Brazil dan Haiti rupanya masih ada banyak negara-negara di dunia yang memproduksi minyak akar wangi. Akan tetapi Hanya Idonesia yang menjadi satu-satunya negara yang memproduksi minyak akar wangi secara komersial untuk kepentingan penyulingan.

Berbicara tentang proses poduksi rupanya produksi minyak akar wangi sering disebut dengan penyulingan. Untuk penyulingan sendiri pun biasanya dilakukan dengan uap mulai dari tekanan sedang sampai tekanan tinggi.

Kandungan Minyak Akar Wangi

Pada umumnya dalam tanaman akar wangi terdapat kandungan senyawa karbonil, ester, vetiverols, seskuiterpen derivatif dan seskuterpen. Beberapa kandungan senyawa tadi rpanya sangat mempengaruhi kualitas dari minyak yang dihasilkan.

Seorang ilmuan juga telah menganalisis jika komposisi yang terdapat pada minyak akar wangi dari Inonesia, Brazil dan Haiti memiliki komposisi minyak yang berbeda secara kuantitatif. Meski demikian jenis komponenya hampir sama.

Dilihat dari komponen penentu aroma tanaman akar wangi Indonesia mengandung a-vetivon sebanyak 4%, ß-vetivon sebanyak 6% dan khusimon sebanyak 2,6%.

Komponen Minyak Akar Wangi

Bagian tanaman akar wangi yang mengandung banyak minya adalah pada bagain akar. Sementara untuk batang dan daun sama sekali tidak memiliki minyak. Secara anatomis kandungan minyak pada tanaman akar wangi terletak pada kantung yang berada di antara lapisa endodermis dan cortes pada akar.

Minyak yang tersimpan di bagian bawah lapisan permukaan dinamakan subcutaneous oils. Minyak akar wangi termasuk jenis minyak atsiri dimana didalamnya terdapat campuran seskuiterpen alkohol dan hidrokarbon yang kompleks.

Tidak hanya itu minyak akar wangi ini juga termasuk jenis minyak atsiri yang kental dengan voltilitas yang sangat rendah.  Dalam proses pembuatan parfum minyak akar wangi ini memeliki peranan yang sangat penting.

Dalam minyak akar wangi terdapat komponen utama yaitu seswuiterpen hidrokarbon (?-acadinen, a-amorphine, cloven, junipen, aromandendren dan turunan alkohol, vertivon (a-vetivon, ß-vetivon, kusimon serta turunan alkoholnya), vetiverol (khusimol, khusinol, spathulenol, epiglobulol dan turunan karbonilnya). Itu tadi adalah komponen utama yang terdapat dalam minyak akar wangi.

Nah, itulah informasi seputar Kandungan dan Komponen yang terdapat dalam minyak akar wangi. Semoga informasi yang kami sampaikan tadi bermanfaat untuk anda semua. Terima kasih

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: